Doni Monardo Minta kepada Masyarakat yang Ikut Tabliq Akbar di Gowa Segera Melapor

544 view
Doni Monardo Minta kepada Masyarakat yang Ikut Tabliq Akbar di Gowa Segera Melapor
Foto: Int

DATARIAU.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta, kepada warga Kalimantan Selatan (Kalsel) yang sempat mengikuti tabliq akbar di Gowa, Sulawesi Selatan segera melaporkan diri. Hal tersebut guna antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Sebab, ada 2 ribu orang mengikuti acara tersebut.

"Saya mendapat laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kalsel bahwa ada sekitar 2 ribu warga Kalsel yang sempat datang ke acara tabliq akbar di Gowa. Namun sekarang baru sekitar 900 warga yang melapor dan memeriksakan diri," kata Doni saat mengunjungi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit di Banjarbaru, Minggu (7/6).

Menurutnya, kesadaran untuk memeriksakan diri sangat penting agar penularan bisa dicegah. Dengan memeriksakan diri, maka akan diketahui hasilnya apabila positif maka bisa melakukan isolasi mandiri atau menjalani karantina mandiri.

"Jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kalsel angkanya terus meningkat. Di sinilah diperlukan kesadaran untuk peduli kepada saudara-saudara kita," tegasnya.

Lebih lanjut, Doni percaya, masyarakat Kalsel mempunyai kearifan lokal untuk bisa menekan angka penularan Covid-19.

"Kunci keberhasilan di beberapa daerah dalam menekan penularan Covid-19 terletak pada kemauan untuk menerapkan disiplin, menjalankan kolaborasi pentahelix berbasis komunitas, memanfaatkan kearifan lokal, dan militansi dari petugas medis untuk melakukan testing kepada warga yang diduga terpapar Covid-19," pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berterimakasih akan hal ini. Ia pun menyadari peningkatan jumlah kasus di Kalsel sangat tinggi dan membuat pemerintah daerah sempat kewalahan atas cepatnya penularan yang terjadi di masyarakat.

"Belum pernah saya dihadapkan kepada situasi seperti sekarang. Kami memang terkaget, tetapi kami tidak putus asa. Bersama-sama para bupati dan wali kota, serta seluruh komponen masyarakat, kami mencoba mengendalikannya," kata Shabirin. (*)

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://www.merdeka.com/peristiwa/doni-monardo-dari-2-ribu-orang-ikut-tabligh-akbar-di-gowa-baru-900-yang-lapor.html
Tag: