Disdukcapil Siak Keliling di Tualang, Perekaman e-KTP Didominasi Oleh Pelajar

Hermansyah
941 view
Disdukcapil Siak Keliling di Tualang, Perekaman e-KTP Didominasi Oleh Pelajar
Kasi Sistem Informasi dan Adminitrasi Kependudukan Agussriati dan Pegawai Kecamatan Tualang.

SIAK, datariau.com - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kamis (24/10/2019) pagi, melakukan pelayanan keliling di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam kegiatan ini, petugas bakal melayani masyarakat dalam pelayanan kartu keluarga (KK) dan pelayanan surat pindah. Sementara pelayanan untuk perekaman e-KTP saat ini didominasi oleh pelajar SMA/SMK sederajat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak Rahkmansyah melalui Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Agussriati mengatakan, untuk pelayanan di Kecamatan Tualang saat ini itu terbanyak dari kecamatan lain.

"Untuk Tualang yang terbanyak, sedangkan kecamatan sebelumnya itu hanya berjumlah sekitaran 70 lembar dan Sei Apit sebanyak 200 lembar. Sebab, Tualang (Perawang) terbanyak dikarenakan penduduknya banyak," kata Kasi SIAK Agussriati kepada datariau.com, Kamis (24/10/2019) siang.

Pelayanan ini, sebut Agussriati, meliputi pelayanan surat pindah datang, Kartu Keluarga dan perekaman e-KTP (KTP elektronik). Untuk minggu depan, nanti belum kita tentukan, kita masih berkoordinasi dulu dengan Kepala Bidang. 

"Masyarakat cukup ambisius dengan pelayan keliling ini, dan rata-rata di dominan oleh pelajar. Kegiatan ini untuk memberikan pelayanan yang baik, mudah dan cepat kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Kasi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk Masrul SSos menyebutkan, sebelum ke Tualang, pelayanan keliling ini telah dilaksanakan di Kecamatan Sei Apit, Sabak Auh dan Dayun.

"Ada yang mengurus penambahan anggota keluarga dan pembuatan Kartu Keluarga baru. Selain itu, ada beberapa masyarakat yang mengurus surat pindah datang maupun pergi," terangnya.

Rencana kedepan itu, kata Masrul, akan dilaksanakan di Kecamatan Minas dan Kandis. Program keliling dari Disdukcapil Siak ini sebenarnya untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan.

"Mengingat jarak tempuh antar kecamatan itukan jauh dan ini untuk mempermudah masyarakat. Antusias masyarakat Tualang dalam pelayanan ini cukup membantu tentunya. Pelayanan keliling ini tidak dipungut biaya," imbuhnya.

Pada tahun 2019 ini, pelayanan keliling oleh Pemerintahan Kabupaten Siak melalui Disdukcapil Kabupaten Siak telah melaksanakannya tiga kali dalam kurun waktu satu tahun ini.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi