Acap Kali Dapat Job di Perawang Mill, PT TJC Minim Rekrutmen Tenaga Kerja Lokal

Hermansyah
2.721 view
Acap Kali Dapat Job di Perawang Mill, PT TJC Minim Rekrutmen Tenaga Kerja Lokal
Ilustrasi.

SIAK, datariau.com - Job musiman yang didapat PT Truba Jaga Cita (TJC) yang melaksanakan kegiatan pekerjaan di lokasi PT IKPP Perawang menjadi polemik tersendiri bagi tenaga kerja lokal (tempatan) saat ini.

Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang reparasi (perbaikan/perawatan) ini tidak melakukan perekrutan tenaga kerja lokal maupun tempatan dalam pelaksanaan kegiatan Shutdown (stop mesin)di lokasi perusahaan anak Sinar Mas Group tersebut.

Menurut informasi PT Truba Jaga Cita (TJC) yang sebelumnya bernama PT Truba Jurong dan PT Truba Jaya Enginering (TJE) ini memanfaatkan tenaga kerja luar daerah Kabupaten Siak ditempatkan oleh pihak perusahaan pada kontrakan maupun ruko yang merupakan mess-mess tenaga kerja luarnya.

"Sekarang ada shutdown di PT IKPP, cuma tenaga kerjanya kebanyakan berasal dari luar daerah Kabupaten Siak. Bulan sebelumnya itu ada sebanyak 700 tenaga kerja, sementara ini PK-KNPI Tualang pernah mengajukan tenaga kerja lokal dan yang diterima oleh pihak perusahaan hanya sebanyak 3 orang," sebut Pemuda Tualang 34 tahun itu kepada datariau.com yang tidak ingin namanya diketahui, Sabtu (21/6/2019) siang.

Lanjut, pemuda brewokan itu kepada awak media ini menjelaskan, bahwa saat ini kegiatan Shutdown di PT IKPP yang dilakukan oleh PT TJC ini masih berlokasi di Perawang Mill tepatnya di Recovery Boiler-5 (Stop Mesin). 

Sesuai dengan Perda Nomor 11 Tahun 2001 tentang tenaga kerja lokal sesuai dengan Bab-2, Pasal 2 ayat (1) Setiap pengusaha (pengurus) wajib mengusahakan dan mengupayakan secara maksimal agar lowongan pekerjaan yang terbuka di perusahaannya yang terampil maupun bukan terampil harus di isi oleh tenaga kerja lokal.

Kemudian ayat (2) Pengisian lowongan pekerjaan sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1, dilakukan dengan cara yakni dimulai dari yang berdomisili seputar/sekeliling perusahaan meliputi antara lain RT/RW/Kelurahan/Desa dan Kecamatan setempat atau yang berdekatan/yang berhampiran.

"Menurut informasinya PT TJC ini juga tidak melaporkan perihal ini kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Siak," imbuh pemuda itu lagi kepada awak media ini, Sabtu (21/6/2019).

Sementara itu, pimpinan perusahaan melalui Personalia PT Truba Jaga Cita (TJC) Mandali saat dikonfirmasi awak media ini melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (21/6/2019) siang, dilihat (terbaca) dengan ditandai dengan centrang biru dua, namun tidak dijawab semua pertanyaan perihal rekrutmen tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja dari luar daerah Kabupaten Siak saat ini bekerja di perusahaan tersebut.

Bahkan, ketika awak media ini mencoba menghubungi melalui sambungan telepon seluler Personalia PT TJC ke nomor 08527166xxxx tersebut pun dalam keadaan diluar jangkauan (mati) dan tidak dapat dihubungi.

Selain minimnya rekrutmen tenaga kerja lokal, PT TJC ini diduga tidak melaporkan perihal kegiatan di perusahaan anak Sinar Mas Group (IKPP) Perawang kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Siak.

Penulis
: Hermansyah
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com