3 Ton Heroin Senilai Rp38 Triliun Diamankan Polisi

Ruslan
780 view
3 Ton Heroin Senilai Rp38 Triliun Diamankan Polisi
Pelabuhan Mundra di Gujarat (Foto: Reuters)

DATARIAU.COM - Pejabat intelijen anti-penyelundupan India telah menyita hampir tiga ton heroin yang dilaporkan bernilai sekitar USD2,7 miliar (Rp38 triliun) dalam operasi besar di sebuah pelabuhan Mundra di negara bagian Gujarat.

Para pejabat mengatakan kepada BBC pengujian forensik masih berlangsung untuk menentukan nilai pasti dari obat-obatan yang disita.

Melalui sebuah pernyataan diketahui dua orang telah ditangkap dan beberapa lainnya sedang diselidiki.

Pengiriman tersebut berasal dari Afghanistan dan dinyatakan sebagai 'talc stone'. Heroin ini dikirim ke Pelabuhan Mundra Gujarat dari Iran.

Direktorat Intelijen Pendapatan (DRI) mengatakan menerima laporan intelijen bahwa pengiriman dari Pelabuhan Bandar Abbas di Iran diduga mengandung narkotika.

Intelijen juga mengungkapkan bahwa pengiriman itu diimpor oleh sebuah perusahaan di kota selatan Vijaywada.

“Saat petugas kami menahan kiriman tersebut dan memeriksanya, ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu dari peti kemas dan dipastikan adanya heroin,” kata DRI dalam keterangannya.

Para pejabat mengatakan pencarian telah dilakukan di beberapa kota di seluruh India, termasuk ibu kota negara, Delhi, Ahmedabad dan Chennai.

"Investigasi yang dilakukan sejauh ini juga mengungkapkan keterlibatan warga negara Afghanistan, yang sedang diselidiki," lanjut badan tersebut.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)