Mahasiswa Kedokteran Unsyiah Baksos di Desa Tibang

Admin
310 view
Mahasiswa Kedokteran Unsyiah Baksos di Desa Tibang
BANDA ACEH, datariau.com - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah.

Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh terpilih sebagai Desa Binaan Asian Medical Students' Association (AMSA) Unsyiah, yakni organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang profesi kedokteran dan kesehatan.

"Kami mendukung acara ini, kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Banda Aceh dibidang kesehatan. Kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada AMSA-Unsyiah yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini," ucap Aminullah dalam sambutannya, Minggu (10/11/2019) di halaman Masjid Baitussalam, Gampong (Desa) Tibang.

Lanjutnya, melalui program layanan kesehatan yang digelar bersama AMSA-Unsyiah ini, diharapkan masyarakat khususnya yang berada dalam desa binaan mampu memanfaatkan momen untuk semakin bisa mengetahui informasi kesehatan.

"Dengan adanya layanan kesehatan gratis yang di berikan ini, diharapkan masyakarat semakin mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan," ujar Aminullah.

Disamping itu, Wali Kota pun berpesan kepada pihak AMSA maupun masyarakat desa binaan agar bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Menurutnya, dengan menjaga lingkungan tetap bersih maka akan memberikan dampak baik pada kesehatan.

 "Dari sisi lain juga kita melihat, kegiatan ini secara tidak langsung sudah terlibat dalam upaya pembangunan kota kearah yang lebih baik," jelasnya.

Ia juga mengharapkan, kedepannya AMSA-Unsyiah agar dapat terus berkontribusi dan menjadi mitra Pemerintah Kota dalam pembangunan Kota Banda Aceh khususnya di bidang kesehatan. "Bila masyarakat sehat, maka kesejahteraan dapat kira raih."

Ketua panitia pelaksana, M Alfian Zainal mengatakan, acara yang bertemakan "Satu tekad gemakan langkah wujudkan desa yang sehat bersama Amsa-Unsyiah" ini digelar lebih dari 20 rangkaian acara yang diadakan dalam dua kali kunjungan setiap bulannya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Beberapa acara diantaranya home visit, penyuluhan, pemeriksaan, bazar kesehatan, senam, pelatihan, lomba, konsultasi kesehatan dan lain sebagainya.

"Nantinya acara akan diisi oleh tim dokter spesialis, dokter umum, dokter muda dan seluruh member AMSA-Unsyiah. Untuk target acara mencakup seluruh elemen dari seluruh desa tibang dan kecamatan syiah kuala dimana diantaranya ibu hamil, bayi, anak, remaja, dewasa, lansia, kader kesehatan, pemuda gampong, siswa/i sekolah," pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Batu Pertama desa binaan AMSA-Unsyiah yang ditandatangani oleh Wali Kota Aminullah bersama Representative AMSA-Unsyiah, Nailul Afif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Dr Warqah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Dwi Putrasyah, WD III FK Unsyiah, Dr Hanifah Yusuf, Kepala Biro Kemahasiswaan Unsyiah, Prof Dr Ir Marwan, Ketua Prodi Pendidikan Dokter, Dr Deddy Syahrizal, Keuchik Gampong Tibang, diwakili Sekertaris, Anwar beserta jajaran dan unsur muspika. (mah)
Tag: