Bulan Ramadhan Saat yang Tepat Menurunkan Berat Badan, Begini Caranya..

Admin
1.113 view
Bulan Ramadhan Saat yang Tepat Menurunkan Berat Badan, Begini Caranya..
Ilustrasi (Foto: Internet)
DATARIAU.COM - Sebagian orang merasa bahwa saat puasa tidak bisa menjaga pola makan yang sehat yang memicu berat badan menjadi naik. Tak sedikit orang yang bertekad menurunkan berat badannya sambil menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Hal ini tak mustahil, sebab selama 30 hari penuh kita akan mengurangi asupan makanan dan minuman dari jumlah biasanya.

Ketua Pergizi Pangan Indonesia, Prof Hardiansyah MS PhD, menjelaskan efek puasa terhadap bentuk tubuh cenderung lebih dirasakan oleh mereka yang bertubuh gemuk. Sebab, meta analisis menyebutkan bahwa puasa selalu bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun, mencapai target tersebut tidaklah mudah. Berikut ini tips menurunkan berat badan selama puasa. Simak kuy!

1. Hindari langsung makan berat setelah berbuka puasa

Kalau kamu tipe orang yang harus makan nasi setelah puasa, sebaiknya pikirkan kembali. Awali berbuka puasa dengan jenis makanan yang mudah dicerna, missal buah-buahan.

2. Hindari gorengan

Gorengan memang nikmat jika dijadikan takjil saat berbuka puasa. Tapi terlalu banyak gorengan juga membuat tubuh susah mencernanya. Saat berbuka, pilihlah menu buka yang dibuat dengan cara direbus atau dikukus.

3. Hindari makan roti

Roti dan mkanan lain yang mengandung bahan dasar tepung sebaiknya dihindari dulu. Tepung ini susah dicerna jadi system pencernaan butuh waktu lebih lama untuk mengolahnya.

4. Kurangi  konsumsi yang manis

Dari pada konsumsi makanan manis berlebihan, lebih baik diganti dengan kurma atau buah-buahan lainnya yang juga memiliki rasa manis alami.

5. Kurangi makan pedas

Makan pedas bisa memicu mulas bahkan diare. Jika kamu sakit, mungkin butuh obat dan proses pemulihan, adakalanya proses pemulihan membawa nafsu makan yang meningkat.

6. Minum air putih yang cukup

Ini adalah point penting dalam diet, bukan berarti kamu harus minum air ptih terus dan dilarang minum yang lainnya. Saat berbuka puasa terkadang kita ingin juga minum sirup atau es buah yang menyegarkan. Gunakan gelas kecil agar kamu tidak berlebihan. Minum air putih 2 gelas saat berbuka dan 2 gelas setelah tarawih dan saat sahur, minum setidaknya 2 gelas air putih.

7. Tidur yang cukup

Tidur bisa jadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang manjur. Kurang tidur saat puasa akan mengacaukan system metabolism anda, akibatnya, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif. Maka jangan begadang, usai shalat tarawih jika tidak ada kegiatan lain, segerakan tidur.

Semoga bermanfaat. (*)

Disusun oleh: Miftah lathifah (Mahasiswi UIN Suska Riau)
Tag: