Pengabdian Mahasiswa Kukerta BK UNRI 2021 Desa Teratak Buluh Lakukan Pelatihan Hidroponik Demi Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga Selama Pandemi

Admin
176 view
Pengabdian Mahasiswa Kukerta BK UNRI 2021 Desa Teratak Buluh Lakukan Pelatihan Hidroponik Demi Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga Selama Pandemi

KAMPAR, datariau.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau yang beranggotakan 10 orang mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Rachmad Saputra SP MSc melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Teratak Buluh, Dusun 03 Kampung Telanai Indah RW 06. Mahasiswa kukerta balek kampung Universitas Riau ini telah melaksanakan sosialisasi dan pelatihan mengenai hidroponik kepada masyarakat sekitar.

Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam berupa tanah, melainkan menggunakan rockwool, sabut kelapa atau lainnya dengan memanfaatkan air dalam memenuhi kebutuhan untuk nutrisi tanaman. Tanaman hidroponik tanpa menggunakan pestisida ini tidak hanya untuk konsumsi pribadi melainkan dapat menjadi salah satu sumber peluang membuka usaha untuk dijual kembali dengan hasil yang menjanjikan.

Sosialisasi dan pelatihan hidroponik dilaksanakan pada hari Jumat (6/8/2021) pukul 17.00 WIB di halaman rumah salah satu tokoh masyarakat yang dihadiri oleh ketua RT 02, warga, serta pemuda setempat. Kegiatan yang dibuka oleh Dito Hutomo Abiyyudha selaku ketua kukerta disambut hangat dan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat terutama ibu-ibu dan pemuda yang memiliki hobi menanam sayuran untuk mengisi waktu luang dikala pandemi. Dengan memanfaatkan lahan yang sedikit serta tidak menggunakan tanah sebagai media tanam menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

“Instalasi hidroponik jenis DFT yang diberikan mahasiswa kukerta Universitas Riau kepada kami tentunya menjadi contoh serta motivasi sehingga dapat menumbuhkan rasa ketertarikan terhadap hidroponik ini,” ujar ibu Titi selaku Ketua RT 02 Kampung Telanai.

Sesi tanya jawab pun tak elak menjadi penutup acara yang paling dinantikan oleh warga kampung Telanai. Acara ini berlangsung lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. (rls)

Ade Wahyu Muchtar