Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele Oleh Mahasiswa Unri Kepada Ibu PKK Desa Polak Pisang

Ruslan
100 view
Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele Oleh Mahasiswa Unri Kepada Ibu PKK Desa Polak Pisang
Foto: Ist

INHU, datariau.com - Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Polak Pisang menyelenggarakan Program Kerja (Proker) Pelatihan Pembuatan Abon berbahan Ikan lele, yang diselenggarakan pada hari Ahad 1 Agustus 2021 di kantor Desa Polak Pisang.

Sosialisasi ini tetap mematuhi protokol kesehatan seperti sebelum masuk ke ruangan Ibu-ibu PKK mencuci tangan di tempat cuci tangan yang telah disediakan mahasiswa Kukerta, penyemprotan handsanitizer ke tangan peserta sebelum memasuki tempat acara dan wajib menggunakan masker bagi peserta pelatihan.

Pelatihan ini dihadiri oleh 8 orang anggota Ibu PKK di Desa Polak Pisang. Dalam penyelenggaraan mahasiswa Kukerta melakukan pelatihan dengan cara memperlihatkan video pembuatan abon ikan lele yang mana hasil video tersebut dibuat mahasiswa secara langsung di posko pada satu minggu sebelum acara dimulai, tidak hanya itu mahasiswa juga melakukan penyerahan produk abon ikan lele kepada peserta ibu PKK sebagai contoh asil dari abon yang telah dibuat tidak hanya itu mahasiwa Kukerta Unri Desa Polak Pisang juga melakukan penyerahan video tutorial pembuatan abon dari ikan lele kepada ibu-ibu PKK.

Dalam video tutorial yang telah kami buat, kami juga mempublish video tutorial tersebut di youtube, agar ibu PKK mudah untuk mengaksesnya dan video tersebut dapat menjadi acuan masyarakat luar dalam mengelola ikan lele dan untuk orang-orang yang mau membuat abon ikan lele. Bisa tonton videonya yah dengan link : https://youtu.be/83XO39ZAFgA !!

Video tutorial pembuatan abon ikan lele bertujuan memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK mengenai bagaimana cara mengolah ikan lele menjadi olahan makanan berupa abon.

Abon ikan Lele tidak hanya disajikan sebagai lauk, namun juga dapat dijual, sehingga ibu-ibu PKK desa Polak Pisang dapat meningkatkan perekonomian mereka dengan membuka usaha dengan memanfaatkan ikan Lele sebagai bahan utama pembuatan abon.

Ikan Lele dipilih sebagai bahan utama dalam pembuatan abon karena masyarakat desa Desa Polak Pisang banyak yang membudidayakan ikan lele sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat dan juga Desa Polak Pisang belum ada produk olahan ikan lele sehingga pembuatan abon dari ikan lele ini bisa menjadi salah satu produk unggulan di desa Polak Pisang.

Selain itu, ikan Lele memiliki nutrisi yang banyak namun kurang dimanfaatkan sebagai produk olahan makanan. Sebab, selama ini ikan lele hanya dikonsumsi dengan disambal, digulai, sehingga ikan lele tersebut kurang dimanfaatkan secara optimal.

Oleh karena itu, mahasiswa Kukerta Unri desa Polak Pisang berinisiatif untuk memanfaatkan ikan lele untuk diolah menjadi produk inovasi yaitu "abon ikan lele" yang dapat dijadikan sebagai produk unggulan Desa Polak Pisang atau dikonsumsi secara pribadi sebagai makanan sehat dan bergizi.

“Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa Kukerta Unri yang telah berbagi ilmu melalui video pembuatan abon ikan lele yang mana sangat bermanfaat untuk menjadi tutorial dalam pengelolaan ikan lele dan juga kami juga berterimah kasih atas ilmu yang baru saja kami dapatkan mudah-mudahan ilmu yang sore hari ini diberikan mahasiswa dapat bermanfaat bagi ibu-ibu anggota PKK,’’ tutup Titik, Ketua PKK Desa Polak Pisang. (ril)