Manfaatkan Potensi Desa Teluk Pambang, Mahasiswa Kukerta BK UNRI 2021 Ciptakan Keripik Kelapa

Admin
273 view
Manfaatkan Potensi Desa Teluk Pambang, Mahasiswa Kukerta BK UNRI 2021 Ciptakan Keripik Kelapa

DATARIAU.COM - Desa Teluk Pambang merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Bantan, kabupaten Bengkalis, provinsi Riau, Indonesia.

Desa ini memiliki beberapa potensi bahan pangan yang sangat mudah ditemui, salah satunya yaitu buah kelapa.

Di desa Teluk Pambang sangat mudah menemukan pohon kelapa dikarenakan tidak banyaknya pembangunan yang terjadi di desa ini.

Meskipun ada pembangunan yang terjadi masyarakat desa masih tetap menjaga keasrian serta populasi dari pohon kelapa.

Pada umumnya masyarakat desa hanya menggunakan daging buah kelapa sebagai olahan santan segar yang digunakan sebagai bahan masakan ataupun untuk dikonsumsi secara langsung sebagai minuman.

Ternyata di balik itu, daging buah kelapa memiliki nilai ekonomi jika sudah diolah yang dapat digunakana dalam dalam menanmbah penghasilan masyarakat desa khusunya di bidang UMKM desa.

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Tim Kukerta Balek Kampung Unri 2021 untuk menciptakan produk “Keripik Kelapa“ di Desa Teluk Pambang.

Sebagai upaya untuk mensosialisasikan potensi desa ini, maka tim kukerta unri melakukan demo masak pembuatan keripik kelapa yang sasarannya pencapaiannya adalah ibu pkk dan ibu rw.

Dalam demo masak ini tim kkn beharap agar nantinya pembuatan kripik kelapa ini dapat diterapkan oleh warga desa sebagai upaya pemanfaatan potensi desa yang bernilai ekonomi dengan bahan dasar buah kelapa.

Sebelum melakukan demo masak dalam pembuatan keripik kelapa tim kukerta balek kampung unri 2021 sudah terlebih dahulu melakukan penelitian untuk mengetahui kadar ketahanan keripik kelapa tersebut dikarenakan tidak menggunakan bahan pengawet serta pengecekan kualitas bahan yang akan digunakan.

Pembuatan keripik kelapa ini sendiri tidak memerlukan alat khusus, hanya alat dapur yang biasa digunakan sehari hari seperti kompor, kuali, sutil, parutan dan mangkok.

Untuk bahan yang diperlukan hanya bahan dasar seperti tepung, minyak goring, penyedap rasa dan tentunya daging buah kelapa.

Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kripik kelapa ini adalah konsistensi api kompor yang digunakan, tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar dan juga ukuran daging buah kelapa yang harus diparut tipis memanjang agara menghasilkan keripik kelapa yang renyah dan gurih.