Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Kegiatan Posyandu di Desa Pangkalan Baru

Admin
161 view
Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Kegiatan Posyandu di Desa Pangkalan Baru

DATARIAU.COM - Posyandu sudah dikenal sejak lama sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar bagi ibu hamil, orangtua dan balita. Kini, Posyandu dituntut untuk mampu menyediakan informasi kesehatan secara lengkap sehingga menjadi sentra kegiatan kesehatan masyarakat.

Keberadaan posyandu sudah menjadi hal yang penting di tengah masyarakat, selain berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat juga mendekatkan pelayanan dasar bidang kesehatan terutama berkaitan dengan penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan angka kematian balita.

Posyandu Kasih Bunda merupakan posyandu yang berada di Desa Pangkalan Baru. Posyandu ini sangat hidup dalam menjalankan kegiatan-kegiatan nya, seperti rutin nya menjalankan pemeriksaan kepada ibu dan anak, baik bayi maupun balita.

Tim Pengabdian Kukerta Balek Kampung Desa Pangkalan Baru Universitas Riau melakukan pengabdian membantu jalannya kegiatan Posyandu Kasih Bunda di Desa Pangkalan Baru, Selasa (3/8/2021).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian Tim Kukerta kepada Masyarakat Desa Pangkalan Baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu berjalannya kegiatan di Posyandu kasih bunda.

Adapun kegiatan yg dilakukan Tim dalam membantu berjalannya kegiatan Posyandu ini seperti proses penimbangan bayi dan balita, kemudian juga melakukan pendataan program KB yg digunakan oleh orangtua bayi dan balita tersebut.

Selanjutnya, Tim juga membantu dalam pengarahan ibu dan anak atau balitanya untuk menemui Bidan agar mendapatkan vitamin A. Selain itu, keseluruhannya Tim Kukerta membantu mengurus Posyandu kasih bunda untuk mengarahkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

"Untuk acara di Posyandu tersebut kegiatan nya berlangsung dengan lancar sesuai protokol kesehatan. Karena sebelum masuk, saya dan Tim mewajibkan ibu dan anak yg datang ke Posyandu memakai peralatan perlindungan diri seperti masker serta kami menghimbau agar semua yang datang ke Posyandu harus tertib dalam menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke ruangan Bidan nya. Kami juga ikut serta dalam kegiatan seperti penimbangan bayi dan mengukur kesehatan bayi yang diarahkan oleh bidan dan ibu PKK setempat," tutur Cut Yasmin selaku Bendahara Kukerta Balek Kampung Desa Pangkalan Baru.

Kegiatan Posyandu ini terlaksana dengan lancar serta kondusif. Dan Administrasi yang tertata dengan baik selama berjalannya kegiatan, serta terpadunya protokol kesehatan.

Setelah membantu berjalannya kegiatan Posyandu, di akhir kegiatan Tim Kukerta UNRI membagikan susu dan brosur yg berisi pengertian susu, manfaat dan kegunaan susu bagi anak. Brosur ini dibagikan ke ibu dan anak balita yg berusia ideal untuk meminum susu tambahan. Pembagian susu ini sebagai bentuk apresiasi Tim Kukerta terhadap kegiatan Posyandu Kasih Bunda.

Bidan beserta ibu PKK sangat senang dengan adanya partisipasi Tim Kukerta yang sudah membantu berjalannya kegiatan di Posyandu ini, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan pekerjaan Bidan serta ibu PKK lebih ringan. Serta tidak ada kendala selama kegiatan berlangsung. (ril)