Jaga Semangat Adiwiyata, Kukerta Unri Bantu Kembangkan Hidroponik di SDN 02 Bandar Laksamana

Ruslan
72 view
Jaga Semangat Adiwiyata, Kukerta Unri Bantu Kembangkan Hidroponik di SDN 02 Bandar Laksamana
Foto: Ist

DATARIAU.COM - Semangat Adiwiyata harus di galakan terutama dilingkungan sekolah, hal ini yang terus di lakukan oleh SDN 02 Badar Laksamana, ini dapat dilihat dari pembuatan dan penanaman hidroponik dan juga menghias lingkungan sekolah dengan tanaman hidup.

Hidroponik merupakan cara budidaya menggunakan media air sebagai media tanam utamanya.

Belakangan ini hidroponik semakin banyak di lakukan oleh para petani terutama petani milenial hal ini di karenakan tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga mudah di lakukan oleh siapa saja.

Melakukan penghijauan di lingkungan sekolah dengan teknik hidroponik ini membuat para guru sangat semangat dan mendukung kegiatan ini.

Kegiatan ini juga mendapat bantuan dan dukungan dari kukerta unri desa tenggayun 2021.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan rasa cinta lingkungan warga sekolah SDN 02 Bandar Laksamana.

Para mahasiswa membantu dalam pembuatan hidroponik ini, mulai dari pembuatan tempat dan juga pembibitan dan langsung di pantau oleh para guru yang ada di SDN 02 Bandar Laksamana.

Tidak hanya pembuatan hidroponik tetapi juga ada penghiasan sekolah dari botol bekas. Botol bekas dioleh menjadi pot bunga gantung sehingga bisa di tanami dan di gantung di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini merupakan program kerja sama antar mahasiswa kukerta unri dan sekolah SDN 02 Bandar Laksamana sebagai bentuk Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat langsung.

Kukerta unri mendorong Lingkungan sekolah dapat memanfaatkan lingkungan dengan cara yang sederhana. Selain itu kegiatan ini juga membantu persiapan SDN 02 Bandar Laksamana dalam lomba Sekolah Adiwiyata tahun 2022.

Harapan dengan ada nya perlombaan Adiwiyata ini lingkungan sekolah lebih hijau dan nyaman bagi anak belajar sehingga bisa meningkatkan prestasi siswa. (ril)