Dosen S2 Pendas UNRI Melakukan Pengabdian Pembuatan Audible Books di SD Islam Aqzia Teluk Kuantan

Datariau.com
291 view
Dosen S2 Pendas UNRI Melakukan Pengabdian Pembuatan Audible Books di SD Islam Aqzia Teluk Kuantan

KUANSING, datariau.com - Tim dosen S2 Pendidikan Dasar (Pendas) Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Riau melakukan pengabdian dalam pembuatan Audible Books. Pengabdian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Aqzia Simpang Tiga, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Kegiatan ini diikuti oleh guru SD Islam Aqzia sebanyak 13 orang. Tim pengabdian melaksanakan program ini dalam waktu 7 bulan, yang dimulai dari Maret untuk penyusunan program pengabdian, dan pelaksanaan program pada Agustus-September 2022.

Ketua Tim Pengabdian Dr Jesi Alexander MPd mengatakan, bahwa pengabdian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan guru membuat inovasi dalam buku pembelajaran untuk siswa sekolah dasar agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Dosen yang tergabung dalam pengabdian ini adalah Dr Neni Hermita MPd, Zetra Hainul Putra SSi MSc PhD, Dr Suroyo MPd, Dr Charlina MHum, Dra Gustimal Witri MPd, dan seorang mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Susanti Dewi Astuti SPd MPd selaku Kepala SD Islam Aqzia Simpang Tiga. Suci Trianingsih mengatakan mendukung kegiatan pembuatan Audible Books ini, terkhusus lagi di dalam Audible Books ini mengintegrasikan budaya melayu Riau yaitu tradisi Pacu Jalur yang merupakan budaya yang ada di daerah Kuantan Singingi.

Antusiasme peserta pelatihan ini dapat dilihat dari keterlibatan dan keaktifan peserta, serta hasil akhir berupa Audible Books.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan guru-guru dapat mengetahui dan memahami cara pembuatan Audible Books, dan terkhususnya pelatihan ini bisa memberikan pengetahuan terhadap guru tentang inovasi buku pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar, serta guru-guru di SD Islam Aqzia dapat membuat buku-buku yang lain dengan materi dan tema yang beragam," harap Jesi Alexander Alim. (rls)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)