Prodi PBSI UNRI Gelar Lomba Menulis Cerpen Online, Begini Cara Daftarnya..

Admin
1.197 view
Prodi PBSI UNRI Gelar Lomba Menulis Cerpen Online, Begini Cara Daftarnya..

PEKANBARU, datariau.com - Event lomba menulis cerpen online datang lagi untuk disuguhkan kepada para pecinta literasi. Lomba tulis cerpen online 2020 kali ini diselenggarakan oleh Pusat Rujukan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Riau.

Memasuki tahun kedua mengadakan event ini maka Pusat Rujukan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sepakat mengangkat tema "Dariku untukmu". Tema ini dipilih bukan tanpa alasan, karena di bulan Februari adalah bulan yang terkenal dengan bulan kasih sayang. Sayang kepada orang tua, sahabat, teman, pasangan, bahkan sayang kepada Tuhan.

Dengan diangkatnya tema ini diharapkan peserta nantinya mampu mengekspresikan cinta dan kasih sayangnya melalui tulisan indah. Tema akan dinarasikan oleh para peserta yang ikut dari seluruh pelosok Indonesia. Peserta yang ikut bersifat umum dengan batasan usia 15-30 tahun. Pada rentang usia tersebut adalah masa dimana seseorang masih hangat-hangatnya menciptakan suatu karya yang layak untuk dinikmati bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun untuk orang lainnya.

Hasil karya para peserta akan dinilai oleh tim dewan juri yang terdiri dari kurator serta pendidik. Peserta dengan karya terbaik akan dinobatkan sebagai pemenang juara 1, juara 2, dan juara 3. Para pemenang tersebut akan mendapatkan piala, sertifikat, uang pembinaan, serta buku antologi. 30 naskah terbaik akan dibukukan dan setiap peserta akan mendapatkan e-sertifikat.

Tahap mekanisme lomba yang sudah ditentukan yaitu:

1. Follow ig @pustaka.pbsi

2. Bagikan brosur minimal ke lima grup WA aktif anda.

3. Peserta umum usia 15-30 tahun yang ditandai bukti foto kartu pelajar/ktp.

4. Naskah merupakan karya asli yang belum pernah dipublilasikan.

5. Karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan LGBT.

6. Karya diketik dalam Ms. Word A4, font cambria 12, spasi 1,5 margin normal, format file pdf.

7. Maksimal naskah 3-4 halaman (termasuk narasi biodata penulis).

8. Peserta boleh mengirim maksimal 2 karya.

9. Biaya pendaftaran dikirim melalui rekening (7977-01-003455-53-5) BRI a.n Esti Melinda dan konfirmasi bukti pembayaran ke 0822-8537-9916 a.n Esti Melinda.

Lalu, alur pengiriman naskah :

1. Kirim naskah cerpen dengan format SMCO_ judul_nama penulis

2. Sertakan foto bukti pembayaran, foto kartu identitas peserta (kartu pelajar/KTP), bukti screenshoot brosur yang dishare ke grup. Kirim ke email: pustakapbsifkipunri@gmail.com

Harapannya, dengan diadakannya lomba tulis cerpen online ini, dapat menjadi ajang bagi seluruh masyarakat untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dalam menulis, khususnya dalam bilang literasi. Dan juga, diharapkan masyarakat menjadi lebih semangat dalam menyalurkan dan menggali lebih dalam bakat menulis yang dimiliki.

Menulislah kamu hingga tangan tidak mampu menggenggam pena, menulislah kamu hingga dunia berada digenggamanmu. (rls)