Indonesia Masuk 20 Besar Dalam Penjualan Mobil Dunia

Ruslan
417 view
Indonesia Masuk 20 Besar Dalam Penjualan Mobil Dunia
Foto: Net

TANGERANG, datariau.com - Industri otomotif Indonesia termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Bahkan, penjualan kendaraan pada tahun 2017 lalu, Indonesia masuk 20 besar dalam hal penjualan kendaraan bermotor.

Indonesia pada tahun 2017 lalu telah menjual sebanyak 1 juta unit lebih mobil. Menurut Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto, dari data yang dikumpulkan Organisasi Industri Otomotif Internasional (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles/OICA), Indonesia berada di posisi 17 dalam hal penjualan kendaraan bermotor.

"Kita berada di posisi 17 dalam penjualan kendaraan tahunan domestik dibandingkan negara lain yang memproduksi mobil. Itulah kenapa kita membutuhkan effort lebih untuk membuat industri otomotif Indonesia bertumbuh," kata Harjanto alam acara Gaikindo International Automotive Conference di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Selasa (7/8/2018) kemarin.

Dilihat secara total, China menjadi pasar otomotif terbesar di dunia. Tahun kemarin, Negeri Tirai Bambu itu menjual 24,6 juta unit mobil di negaranya.

Di posisi kedua, diisi oleh Amerika dengan angka penjualan sebanyak 21,1 juta unit. Disusul Jepang dengan angka penjualan 3,5 juta unit.

"Kami memperkirakan dengan pasar di negara-negara ASEAN semakin berkembang, dan dengan populasi di Indonesia, suatu hari kita bisa ekspor dan memproduksi lebih banyak lagi. Paling tidak masuk 10 besar negara yang memproduksi kendaraan bermotor di Indonesia," ujar Harjanto.

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://oto.detik.com/event/d-4156822/penjualan-mobil-dunia-indonesia-di-urutan-17
Tag: