Walikota Pekanbaru Minta Pemotongan Hewan Kurban di RPH, Ketua DPRD: Itu Akan Menyebabkan Kerumunan yang Dahsyat

Admin
207 view
Walikota Pekanbaru Minta Pemotongan Hewan Kurban di RPH, Ketua DPRD: Itu Akan Menyebabkan Kerumunan yang Dahsyat

PEKANBARU, datariau.com - Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani MS SIP menilai pemotongan hewan qurban di Rumah Potong Hewan (RPH) tidak efektif dan tetap akan menimbulkan kerumunan.

"Kita melihat secara teknis ini akan kesulitan. Berapa ribu masjid di Pekanbaru ini kalau semuanya ke sana, apakah sanggup RPH-nya itu? Kemudian pasti akan menimbulkan kerumunan yang dahsyat," kata Hamdani, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, pemotongan hewan qurban lebih efektif dilakukan di masjid atau musholla dibandingkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Secara teknis, ia berharap Tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru dapat mengizinkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan di tempat ibadah masing-masing.

"Kita lihat (pemotongan) itu ya lebih efektif di masjid masing-masing. Tinggal cara pemberian daging hewan kurban ke masyarakat, ya mungkin bisa diantar oleh panitia ke rumah warga agar tidak berkerumun. Karena yang dilarang itu kan kerumunannya agar bagaimana tidak ada klaster baru setelah pelaksanaan kurban ini," jelasnya.

Politisi PKS ini berharap masyarakat dapat diperbolehkan untuk melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban di masjid atau musholla masing-masing. Namun, dengan catatan yakni dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kalau di RPH semua dilakukan ya itu tidak akan bisa, saya bayangkan tidak bisa. Misalkan, satu masjid itu ada 10 hewan kurban dan satu hewan itu dibawa 2 orang, maka jumlahnya satu masjid itu sudah 20 orang jumlahnya," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pedoman Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M di tengah upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengimbau masyarakat yang berada di Kelurahan zona oranye dan zona merah sebaran Covid-19 agar melakukan pemotongan hewan kurban di rumah potong hewan. (end)