Dugaan PHK Tenaga Kerja

Perusahaan Perkebunan Sawit Rokan Blok Dilaporkan ke DPRD Rohul

Admin
956 view
Perusahaan Perkebunan Sawit Rokan Blok Dilaporkan ke DPRD Rohul
Gambar: Deddy

ROHUL, datariau.com - Permasalahan para pekerja di Perkebunan Kelapa Sawit Rokan Blok yang berada di Desa Teluk Aur Kecamatan Rambah Samo Rohul yang diduga memecat sepihak oleh pihak perkebunan, serta dugaan tidak mendapatkan gaji dan pesangon maupun Jamsostek/BPJS Kesehatan, akhirnya resmi dilaporkan ke DPRD Kabupaten Rokan Hulu.

Pemerintahan Desa bersama LSM ahirnya angkat bicara dan sudah melaporkan masalah ini ke DPRD Rohul pada Senin (2/7/2018), langsung diterima oleh bagian umum dan disambut hangat anggota Komisi III DPRD Rohul, Alpasirin.

"Akan segera kami menindaklanjuti laporan ini," ungkap Anggota Komisi III Alpasirin, dari Partai Nasdem.

Dugaan pemecatan sepihak karyawan inisial SS warga Dusun I Sei Kuning Kecamatan Rambah Samo yang sudah bekerja selama 2 tahun sebagai supir pembawa buah kelapa sawit menjadi perhatian serius kalangan legislatif.

Sementara itu, Delita Wati seorang warga Desa Lubuk Napal RT/RW 002/002 menjelaskan, bahwa selama bekerja membuka warung kopi serta memasak di perkebunan kelapa Sawit Rokan Blok, sampai saat ini, dana makanan dan minuman yang sudah dimakan belum dibayar oleh pihak perkebunan.

Kepala Desa Teluk Aur Muslim berharap pihak perkebunan kelapa sawit Rokan Blok untuk menaati Perundang-Undangan yang berlaku dengan menunaikan kewajibannya membayarkan Hak Pesangon maupun gaji terhadap karyawan bersangkutan yang diberhentikan secara sepihak.

"Kami harap kepada pihak perkebunan agar membayar kewajibannya," ucap Muslim, Kades Teluk Aur yang didampingi oleh kepala dusunnya, Selasa (3/7/2018).

"Dimana menurut hemat kami persoalan ini perusahaan wajib memberikan pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak sebagaimana diatur dalam Pasal 156 ayat (1) UU No13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan," tutupnya.

Penulis
: Deddy
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com