5 Manfaat Kulit Buah Delima Bagi Kesehatan

anisah
227 view
5 Manfaat Kulit Buah Delima Bagi Kesehatan
Foto: genbest.com

DATARIAU. COM - Delima (Punica granatum L.) adalah buah asli Asia yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Buah ini juga menyediakan berbagai nutrisi dan senyawa tanaman pelindung yang bermanfaat bagi kesehatan.

Ternyata kulit dari buah delima juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Dikutip dari laman kompas.com berikut adalah manfaat kulit buah delima.

1. Membantu mengatasi beberapa kondisi kulit

Kulit buah delima mengandung antioksidan dan polifenol yang tinggi, dan terbukti dapat mengatasi hiperpigmentasi, suatu kondisi yang ditandai dengan bercak hitam pada kulit. Kulit buah delima disebut memiliki potensi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet B (UVB) dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Dapat meningkatkan fungsi otak

Stres oksidatif disebut berperan dalam perkembangan Alzheimer. Karena kulit buah delima mengandung antioksidan yang tinggi, ia dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penderitanya. Satu penelitian yang melibatkan 36 orang dewasa sehat menemukan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak kulit delima, bersama dengan tumbuhan tumbuhan lainnya, meningkatkan kinerja kognitif.

3. Memiliki sifat melawan kanker

Kulit buah delima mengandung punicalagin dalam jumlah tinggi, polifenol yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker dalam beberapa penelitian tabung. Dalam salah satu penelitian, ekstrak kulit buah delima ditemukan menjadi pengobatan yang menjanjikan untuk kanker prostat karena kemampuannya menyebabkan kematian sel kanker.

4. Meningkatkan kesehatan gigi

Penelitian menemukan bahwa obat kumur yang mengandung ekstrak kulit delima mencegah kerusakan gigi pada sekelompok 50 orang sehat . Ekstrak kulit buah delima memiliki aktivitas antibakteri yang kuat, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit delima dapat membantu mengobati penyakit gigi dan gusi.

5. Mengobati rematik dan mencegah tulang keropos

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa punicalagin, zat yang ditemukan dalam kulit buah delima, menghambat peradangan sendi dan kerusakan tulang rawan. Beberapa penelitian awal dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kulit buah delima dapat membantu mencegah keropos tulang dan meregenerasi jaringan tulang baru.***

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)