Menyaksikan Gerhana Tapi Tidak Shalat Gerhana, Berdosakah? Ini Jawabannya

Admin
398 view
Menyaksikan Gerhana Tapi Tidak Shalat Gerhana, Berdosakah? Ini Jawabannya

DATARIAU.COM - Apakah meninggalkan shalat gerhana matahari (kusuf) atau shalat gerhana bulan (khusuf) dengan sengaja berdosa? Kemudian apakah orang yang tidak mengerjakan shalat gerhana pertanda lemah imannya?

Shalat gerhana matahari atau shalat gerhana bulan hukumnya sunnah. Maka tidak berdosa orang yang meninggalkannya, meski dengan sengaja. Karena dia tidak meninggalkan amalan yang hukumnya wajib. Sebagaimana dijelaskan dalam fatwa nomor 43206.

Baca juga: Begini Tata Cara Sholat Gerhana


Akan tetapi, meninggalkan amalan sunnah ini dan menyepelekannya secara terus-menerus, tanpa udzur; meski meninggalkannya tidak berdosa, pertanda bahwa dia kurang memiliki hasrat atau minat dalam berburu ganjaran Allah ta’ala dan usaha meningkatkan iman. Seperti sudah ma’lum, bahwa iman akan bertambah dengan amalan ketaatan.

Dalam ensiklopedia fikih hati, yang disusun oleh Muhammad bin Ibrahim bin Abdulloh at Tuwaijiri dijelaskan,

Baca jgua: Jawaban Bumi Datar Atau Bulat Menurut Pandangan Syariat


”Apabila iman naik, maka akan mudah seorang melakukan amalan-amalan ketaatan. Bila iman turun, maka melemahlah semangatnya untuk melakukan ketaatan, ia akan berhasrat untuk melakukan kemaksiatan. Maka, setiap amalan ketaatan, akan menambah iman. Dan setiap maksiat, akan melemahkan iman. Setiap amal kebajikan akan menambah cahaya dalam hati. Dan setiap kemaksiatan akan menambah kegelapan hati.”

Dan pernah dijelaskan mengenai sebab-sebab turunnya iman dan wasilah-wasilah yang memperkuat keimanan. Silahkan dirujuk kembali pada fatwa nomor 10800.

Baca juga: Sore Ini Gerhana Bulan Total Berdurasi 1 Jam Lebih, Berikut Jadwal Lengkapnya


Rujukan: www.islamweb.net
Diterjemahkan oleh: Ahmad Anshori
Artikel asli: Muslim.Or.Id

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)