TMMD Kodim 0302 Inhu Sejahterahkan Warga Suku Talang Mamak dengan Membangun Jalan Sepanjang 1,8 Km

Admin
1.865 view
TMMD Kodim 0302 Inhu Sejahterahkan Warga Suku Talang Mamak dengan Membangun Jalan Sepanjang 1,8 Km
Heri
Jalan yang dibangun.

RENGAT, datariau.com - Kehadiran TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-98, Kodim 0302 Inhu dapat merubah keadaan Suku Talang Mamak menjadi sejahtera dan tidak tertinggal.

Hal ini terbukti dengan adanya kegiatan pembangunan jalan baru sepanjang 1,8 kilometer yang meghubungkan Dusun 1 dan Dusun IV. Pembangunan jalan ini sekaligus membuka akses 300 kepala keluarga suku terasing di Dusun IV yang sudah berpuluhan tahun terisolasi.

"Sekarang mereka tidak akan merasa terasing lagi lantaran akses keluar dari dusun sudah sangat mudah. Alhamdulillah, secara tidak langsung TMMD sudah merubah sebutan suku terasing bagi warga suku Talang Mamak ini," kata Sekretaris Desa Talang Jerinjing Bustanul Arifin, kepada datariau.com, Sabtu (8/4/2017) kemarin.

Selama ini, lanjutnya, pemerintah kesulitan membuka akses jalan, lantaran warga ogah menghibahkan tanahnya. Tapi setahun belakangan, warga mulai sadar bahwa mereka butuh akses jalan. "Inilah yang membikin warga ini mau menghibahkan tanahnya. Kebetulan program TMMD ada, klop-lah," ujarnya lagi.

"Anak-anak sekolah tidak perlu lagi musti berangkat lebih pagi biar tidak terlambat tiba di sekolahnya di SD Negeri 017 di kawasan jalan Sosial Dusun I Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu," paparnya.

Soalnya, lanjutnya, rute yang ditempuh anak-anak sekolah dari Dusun IV atau suku Talang Mamak sudah tak seperti dulu lagi jauhnya. Dari yang tadinya harus menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer, sekarang hanya 1,8 kilometer.

Tidak hanya anak-anak sekolah yang senang atas pembangunan jalan oleh TMMD ini, tapi juga pelaku ekonomi. Sebab para petani sudah akan lebih mudah mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan mereka keluar.

"Kami sangat bersyukur kegiatan TMMD di Desa Talang Jerinjing ini ada. Mudah-mudahan perusahaan yang beroperasi di desa ini mau meniru program semacam ini demi pembangunan desa," kata Bustanul berharap.

Terpisah, Komandan Kodim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE selaku Komandan Satgas TMMD Kodim 0302 Inhu ke-98 di Posko TMMD di Pematang Reba saat dikonfirmasi mengatakan, selain membangun jalan baru sepanjang 1,8 KM di Desa Talang Jerinjing, juga dilakukan kegiatan TMMD membangun drainase.

"Kami bakal gotong-royong dengan masyarakat membangun drainase itu bersama pemerintahan desa, kami juga akan menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan. Program semacam ini pun akan berlangsung di enam desa lain yang masuk dalam program TMMD ke-98," rinci Komandan Kodim 0302 Inhu ini.

Selama TMMD ke-98 berlangsung, pembangunan fisik dilakukan di tiga Kecamatan, yakni pembangunan jalan semenisasi dan drainase di Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat, pembangunan jalan semenisasi di desa Tanah Datar, desa Sei Dawu, desa Redang dan desa Bukit Petaling, serta pembangunan jalan baru dan drainase di desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat.

"Termasuk pembangunan jalan di desa Pasir Keranji Kecamatan Pasir Penyu," pungkasnya.

Penulis
: Heri
Editor
: Adi
Sumber
: Datariau.com
Tag:Suku