Tentara Bayaran Kolombia Dikontrak Bunuh Presiden Haiti

Ruslan
175 view
Tentara Bayaran Kolombia Dikontrak Bunuh Presiden Haiti
Foto: REUTERS/Estailove St-Val
Para tersangka pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moise ditunjukkan kepada media di Port-au-Prince, Haiti, 8 Juli 2021. 

DATARIAU.COM - Tertangkapnya para tersangka, yang ternyata berasal komando elit dari Kolombia, menimbulkan berbagai pertanyaan soal motif dan keterkaitan mereka dengan sang korban.

Dikontrak Bunuh Presiden Haiti, Kenapa Tentara Bayaran Asal Kolombia Populer?

Tentara Kolombia yang sangat terlatih terlantar tanpa tujuan setelah pensiun dan sering bekerja di luar negeri sebagai kontraktor militer swasta dari Irak ke Yaman, kata pejabat dan pakar militer mengatakan pada Jumat. Hal itu menyusul pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise yang melibatkan tentara bayaran asal Kolombia pada Rabu pekan lalu.

Setidaknya 17 mantan anggota militer Kolombia termasuk di antara tersangka dalam pembunuhan Jovenel Moise yang ditembak Rabu dini hari di rumahnya. Para pejabat Haiti menyebut pelaku sebagai kelompok tentara bayaran asing.

Bagi mereka yang ingin menyewa tentara bayaran, Kolombia adalah pilihan yang populer. Konflik internal negara Amerika Selatan selama hampir 60 tahun telah memberikan tempat pelatihan yang produktif bagi tentara.

Eks Tentara Kolombia yang Dituduh Membunuh Presiden Haiti Ternyata Pengawal

Seorang mantan tentara Kolombia yang tewas dalam baku tembak dengan polisi Haiti dan dituduh terlibat dalam pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise telah dipekerjakan sebagai pengawal. Hal itu diungkapkan saudara perempuan tentara tersebut pada Sabtu pekan lalu.