Seperti Ini Tradisi Pawai Obor di Panyakalan Kabupaten Solok

datariau.com
957 view
Seperti Ini Tradisi Pawai Obor di Panyakalan Kabupaten Solok

DATARIAU.COM - Kenagarian Panyakalan tepatnya Jorong Hilie Banda Kabupaten Solok, Sumatera Barat kembali mengadakan tradisi pawai obor untuk memeriahkan penyambutan hari raya Idul Fitri 1443.

Setelah 2 tahun lamanya pawai obor ini dilarang karena adanya pandemi Covid-19, akhirnya tahun ini Nagari Panyakalan, tepatnya Jorong Hilie Banda mengadakan kembali pawai obor.

Tentunya hal ini sangat disambut baik oleh seluruh masyarakat serta para perantau yang ada di Nagari Panyakalan, Jorong Hilie Banda.

Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun tak ingin ketinggalan untuk memeriahkan acara pawai obor di Nagari Panyakalan, Jorong Hilie Banda.

Terlihat jelas keantusiasan para warga saat diadakan pawai obor dalam rangka penyambutan Hari Raya Idul Fitri Pada Ahad malam 01 Mei 2022.

Perangkat Jorong Hilie Banda juga mendukung terlaksananya pawai obor ini, Kepala Jorong Hilie Banda memaparkan bahwa tradisi pawai obor patut dilestarikan supaya tidak hilang di zaman yang modern.

“Melihat antusiasme warga yang sangat bersemangat untuk mengikuti pawai obor yang dilaksanakan setahun sekali ini, tentunya menjadi salah satu alasan kita untuk mempertahan tradisi pawai obor ini. Dimana tradisi ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita setelah diberikan kita kesempatan untuk melewati bulan romadhan dan untuk mempererat silaturrahmi antar warga masyarakat,“ ujar Nofran Wahyuda Putra sebagai Ketua Pelaksana Pawai Obor.

Tata cara pelaksanaan pawai obor ini adalah masyarakat yang berpartisipasi berkeliling dengan membawa obor yang terbuat dari bambu khusus untuk obor atau yang biasa disebut “talang” sambil menyerukan takbir serta sholawat yang dipandu ketua pelaksana dan diiringi oleh bedug yang berukuran sedang atau yang sering disebut oleh masyarakat setempat tabuah.

Seiring dengan berkembangnya zaman pada saat ini, terdapat perbedaan antara pawai obor pada saat sekarang ini dengan zaman dahulu, sehingga salah satu warga Jorong Hilie Banda Mengatakan kalau zaman dahulu masyarakat mencari alat dan bahan pembuatan obor dengan sendirinya, pada saat ini semua alat dan bahan difasilitasi oleh panitia pelaksana pawai obor.

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)