Program Internet Murah dan Cepat, Kadiskominfotik Rohil : Tahap Awal Kita Pasang 600 Titik

Samsul
274 view
Program Internet Murah dan Cepat, Kadiskominfotik Rohil : Tahap Awal Kita Pasang 600 Titik

ROHIL, datariau.com - Dalam merealisasikan program Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP untuk memberikan layanan internet murah dan cepat kepada masyarakat di seluruh wilayah pedesaan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Rohil laksanakan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa Kepenghuluan.

Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH secara langsung turun ke beberapa Kepenghuluan dan Kecamatan diantaranya Kecamatan Rimba Melintang, Batu Hampar, Bangko Pusako serta Tanah Putih Tanjung Melawan. Dimana, dalam sosialisasi itu dihadiri oleh Penghulu, BUMDes dan masyarakat.

Sosialisasi juga dilaksanakan di kantor Kepenghuluan bagan sapta permai yang dihadiri perwakilan BUMDes dan Penghulu dari Kecamatan Balai jaya, Bagansinembah, Bagansinembah Raya, Simpang Kanan dan Pujud.

"Pihak kepenghuluan terutama BUMDes dan masyarakat sangat antusias menyambut upaya yang dilakukan Dinas Kominfotiks bersama provider internet," kata Kadiskominfotik Indra Gunawan SE MH saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Dalam sosialisasi itu, Indra Gunawan menjelaskan kepada masyarakat bahwa, Bupati Rohil melalui Diskominfotiks memiliki program digitalisasi desa dengan menggandeng salah satu provider plat merah.

"Untuk tahap pertama ini kita bersama pihak provider akan memasang 600 titik di kecamatan bangko pusako. Sebagai bentuk dukungan langsung dan apresiasi pemerintah daerah akan diresmikan oleh bapak bupati nantinya dan ditargetkan paling lama bulan maret sudah mulai pemasangan, " paparnya.

Indra memaparkan, produk dengan label BOOM DES NET yg dikelola oleh Bumdes se Rokan Hilir bekerjasama dengan Icomnet Plus Indonesia yang merupakan anak perusahan dari PLN akan menggunakan kabel fiber optik dan infrastruktur tiang PLN dengan keunggulan tidak akan terpengaruh oleh kondisi cuaca apapun.

"Kita mendukung penuh upaya internet murah masuk desa ini semata-mata demi peningkatan layanan akses informasi dan komunikasi bagi masyarakat pedesaan," terangnya.

Masyarakat Rohil tambah Indra, sudah sangat pintar dalam memilih, tidak hanya dari sisi harga namun juga dari kualitas layanan.

Disinggung soal banyaknya bisnis wifi sejenis yang menggunakan frekwensi radio dan tower pemancar di Kabupaten Rohil, indra mengatakan silakan bersaing secara sehat. "Dalam berbisnis ada aturan pemerintah yang harus dipatuhi dan bukan hanya mencari keuntungan semata," tegasnya.

Guna memastikan kesuksesan program internet murah dan cepat itu, Kadiskominfotik memastikan akan mengawal layanan iconnet tersebut agar masyarakat dapat benar-benar merasakan manfaatnya serta mempercepat penghapusan wilayah blankspot dan menjadikan desa di Rohil full digital pada akhir tahun 2024.

Diakhir penyampaiannya, Kadiskominfotik juga menghimbau bagi masyarakat yang berminat mendapapatkan internet murah dan cepat agar segera mendaftarkan diri ke BUMDes diwilayah masing-masing.

"Tidak dipungut biaya peralatan dan pemasangan Gratis, hanya membayar pemakaian awal bulan pertama sebesar Rp 150 (prabayar seperti token listrik) juga tidak ada pembatasan kuota alias unlimited," pungkasnya. (sul)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)