Momen Langka Detik-detik Asteroid Hantam Jupiter

Ruslan
160 view
Momen Langka Detik-detik Asteroid Hantam Jupiter
Untuk kedua kalinya Planet Jupiter dihantam asteroid, kali ini momen tersebut berhasil diabadikan oleh astronom Jepang. Foto/dok

DATARIAU.COM - Astronom asal Jepang menangkap sebuah kilatan cahaya di atmosfer belahan bumi utara planet yang kemungkinan disebabkan oleh asteroid yang menabrak Jupiter .

Peristiwa yang terjadi pada 15 Oktober 2021 lalu itu kemudian diunggah dalam bentuk video di akun Twitter @yotsuyubi21. Ia mengatakan peristiwa itu diambil dengan teleskop Celestron C6

"Blitz terasa seperti bersinar untuk waktu yang sangat lama bagi saya," katanya, dikutip dari lamam Space, Selasa (26/10/2021).

Kejadian ini lalu dikonfirmasi oleh tim yang dipimpin Ko Arimatsu, seorang astronom di Universitas Kyoto Jepang yang mengambil bagian dalam proyek Organized Autotelescopes for Serendipitous Event Survey (OASES).

Menurut tweet yang diposting oleh proyek tersebut, pengamatan itu mencakup dua jenis cahaya yang berbeda, terlihat dan inframerah, yang memberi Jupiter cahaya merah muda yang mengerikan.