Ketua LAM Bagan Sinembah Sayangkan Penertiban Penggalangan Dana Masjid di Tengah Jalan Oleh Polisi

Admin
364 view
Ketua LAM Bagan Sinembah Sayangkan Penertiban Penggalangan Dana Masjid di Tengah Jalan Oleh Polisi

BAGANSINEMBAH, datariau.com - Ketua Umum Dewan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Bagan Sinembah, H Syafrizal ikut menyayangkan adanya penertiban penggalangan dana masjid di ruas jalan yang dilakukan Polsek Bagan Sinembah.

"Menurut saya pihak polisi terlalu terburu-buru dalam menetapkan sesuatu keputusan. Mereka yang melakukan kegitan amal itu bukan tidak memperhitungkan keselamatan dirinya, mereka lebih memperhitungkan itu semua," kata H Syafrizal kepada datariau.com, Ahad (18/7/2021).

Disebutkannya, kebijakan Polsek Bagan Sinembah menertibkan penggalangan dana masjid di tengah jalan dengan pertimbangan keselamatan lalu lintas, kurang tepat. Karena kata H Syafrizal, kecelakaan bisa terjadi dimana saja.

"Kita pun sering menjumpai di jalan yang meminta sumbangan baik itu untuk acara sebuah organisasi ataupun pesta-pesta yang juga boleh dibilang mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain," katanya membandingkan.

Ketua LAM Riau Bagan Sinembah ini menyarankan kepolisian tidak melakukan penertiban terhadap kegiatan penggalangan dana masjid tersebut, namun lebih kepada pembinaan sehingga penggalangan dana tetap bisa dilaksanakan dengan baik, guna pembangunan masjid.

"Kalau ditertibkan seperti ini sepertinya akan menimbulkan persoalan baru, kan bisa diberi dalam bentuk pembinaan bagaimana baiknya diskusi hingga image-nya tidak melarang kegiatan amal tersebut. Kalau bicara peraturan kita semua ini sering melanggar aturan, tidak boleh kita pungkiri itu," tegasnya.

Ditambahkannya, selaku Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Bagan Sinembah H Syafrizal berharap Polsek Bagan Sinembah bisa meninjau ulang kembali keputusan yang sudah diambil demi ketenangan dan kemaslahatan orang banyak.