Kecamatan Bangkinang Kota Adalah Wajah Ibukota Kabupaten Kampar, Persoalan Banjir dan Sampah Harus Diperhatikan

Midas
296 view
Kecamatan Bangkinang Kota Adalah Wajah Ibukota Kabupaten Kampar, Persoalan Banjir dan Sampah Harus Diperhatikan

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Mewakili Bupati Kampar, Asissten III Adminitrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar Syamsul Bahri, membuka secara resmi acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk Kecamatan Bangkinang Kota, Tahun Anggaran 2022, bertempat di Aula Kantor Camat Bangkinang Kota, Kamis (25/2/2021).

Hadir juga pada acara ini Anggota DPRD Dapil IV Kardinal Khasim SE, Luruh Bangkinang Aulia Ulillah Usman, Camat Bangkinang Kota Irianto Pamungkas serta perwakilan dari Desa, ninik mamak dan OPD di lingkup Pemda Kampar, acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Disampikan Syamsul Bahri bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan ini akan dilaksanakan selama sepekan, dimulai Senin-Jumat (22-26 Februari 2021) untuk 21 kecamatan se-Kabupaten Kampar, sedangkan untuk pelaksanaannya akan dibagi dalam lima tim yang setiap tim akan membawahi 4-5 kecamatan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang masih melanda.

"Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD tingkat kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah. Sebagai sebuah proses tahunan, Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini," kata Syamsul Bahri.



"Musrenbang merupakan wahana untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah, oleh karena itu hendaknya dilaksanakan dengan tertib, lancar, penuh kesungguhan sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan keinginan," lanjutnya.

Sementara itu Camat Bangkinang Kota Irianto menyampaikan, keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat bersama pemerintah daerah dalam mendukung suksesnya pencapaian target pembangunan di Kabupaten Kampar khususnya di Kecamatan Bangkinang dan sekitarnya akan dirumuskan nantinya oleh Bappeda.

"Dalam penyusunan Musrenbang bukan hanya outputnya saja, akan tetapi perlu memikirkan outcome-nya sehingga masyarakat betul-betul dapat merasakan manfaatnya, untuk itu dalam menyampaikan aspirasi hendaknya betul-betul yang proritas," ungkapnya.



Untuk diketahui, Musrenbang tahun ini dibagi menjadi 5 tim, untuk Tim I membawahi Kecamatan Tapung, Koto Kampar Hulu, Rumbio Jaya, Siak Hulu, dan Kampar Kiri Tengah, dikoordinatori oleh Bappeda dan SIPD Yusdiyen Hadinata, sedangkan Koordinator Tim Kecamatan Asisten Pemerintahan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM serta Kepala Bappeda.

Kemudian untuk Tim II melaksanakan Musrenbang di Kecamatan Tapung Hulu, Salo, Kampa dan Kampar Kiri. Koordinator Bappeda dan SIPD, Safri, sedangkan Koordinator Tim Kecamatan Asisten Perekonomian Pembangunan, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan serta Kadis Kesehatan.

Untuk Tim III melaksanakan Musrenbang di Kecamatan Tapung Hilir, Bangkinang Kota, Kampar dan Perhentian Raja. Koordinator Bappeda dan SIPD, Jhon Mainir, sedangkan Koordinator Tim Kecamatan Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, serta Kadis Lingkungan Hidup.

Sedangkan Tim IV melaksanakan Musrenbang di Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kampar Utara, Kampar Kiri Hilir dan Kuok. Koordinator Bappeda dan SIPD Zaki Helmi, sedangkan Koordinator Tim Kecamatan Kadis PUPR, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, dan Kadis Ketahanan Pangan.

Selanjutnya Tim V, melaksanakan Musrenbang di Kecamatan Bangkinang, XIII Koto Kampar, Tambang, dan Gunung Sahilan. Koordinator Bappeda dan SIPD M Fadli Mukhtar, sedangkan Koordinator Tim Kecamatan, Kepala Satpol PP, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.



Kepala Badan Perencanaan Daerah melalui Koordinator Pin III yang diwakili oleh Kabid Perekonomian dan SDA Jhon Mainir SP menyampaikan kepada Desa-desa dan kelurahan se-Kecamatan Bangkinang Kota, untuk memasukkan program prioritas mereka di perencanaan pembangunan tahun 2022 lebih menitik-beratkan kepada sistem pembangunan drinase yang lebih baik dan pengelolaan sampah di perkotaan.



"Karena Kecamatan Bangkinang Kota merupakan wajah ibukota Kabupaten Kampar," pungkas Jhon Mainir SP. (das)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com