Harganas XXVIII 2021, Bupati Kampar dan Ketua TP PKK Peroleh Penghargaan Manggal Karya Kecana dari Presiden

Admin
147 view
Harganas XXVIII 2021, Bupati Kampar dan Ketua TP PKK Peroleh Penghargaan Manggal Karya Kecana dari Presiden

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH bersama istri Muslimawati Catur selaku Ketua TP PKK Kabupaten Kampar terima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Pemerintah Pusat atas kesuksesan dalam bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.


Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-XXVIII Tahun 2021 melalui Zoom Meeting Bersama Presiden RI yang diwakili Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin beserta Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kampar, Selasa (29/6/2021). Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri beserta istri Juli Mastuti Yusri sebagai Ketua DWP Kabupaten Kampar, Forkopimda Kampar dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar.




Bupati Kampar dan Ketua TP PKK menerima penghargaan ini bersama 45 orang menerima pada kategori Manggala Karya Kencana atas prestasi Bupati dan Ketua TP PKK, dan Sebanyak 27 Penerima dari Provinsi Kabupaten/Kota se Indonesia pada kategori Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana, langsung disampaikan oleh Wakil presiden dan Gubernur Riau melalui Zoom Meeting.


Presiden RI Joko Widodo diwakili Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam pidatonya menyampaikan bahwa, peringatan Hari Keluarga Nasional ini bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.


"Mari kita jadikan Hari Keluarga Nasional ini sebagai momentum dalam meyelamatkan anak Indonesia dari stunting. Dalam pencegahan Covid-19, BKKBN Pusat bertanggung jawab atas penanganan Covid-19 terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 12 sampai 18 Tahun," katanya.


Untuk itu, dalam peringatan HARGANAS ke XXVIII Tahun 2021 ini Pemerintah Pusat meluncurkan Vaksinasi Covid-19 bagi ibu menyusui, ibu hamil dan anak usia 12 sampai 18 Tahun hal ini merupakan langkah yang dilakukan pemerintah untuk pencegahan penularan Covid 19.


Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa dalam pencegahan Stunting pemerintah telah melakukan upaya dalam menurunkan preventif stunting dengan melakukan pendataan keluarga Tahun 2021 yang di mulai pada tanggal 1 April sampai 31 Mei Tahun 2021.


"Dengan pendataan keluarga ini kita berharap agar kedepannya hasil pendataan keluarga yang telah tercapai dapat dijadikan dasar untuk menyusun perencanaan program dan anggaran dalam menurunkan preventif stunting," ungkap Syamsuar.


Pada kesempatan itu Syamsuar menyampaikan selamat Kepada Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto atas Perolehan Pengahargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN Pusat.


Bupati Kampar Catur Sugeng usai memperingati Hari keluarga Nasional ke XXVIII Tahun 2021 mengucapkan Selamat Hari Keluarga Nasional Ke XXVIII Tahun 2021. "Mari kita selamatkan anak anak kita dari Stunting," tuturnya.


Melalui momontum HARGANAS ke-XXVIII Tahun 2021 ini Bupati Kampar mengajak agar semua bisa menyelamatkan anak-anak Kabupaten Kampar dari bahaya stunting melalui optimalisasi pola pengasuhan di 1000 hari pertama kehidupan.


"Alhamdulillah, di peringatan Hari Keluarga Nasional ini Pemerintah Kabupaten Kampar memperoleh Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN pusat, hal ini patut kita syukuri dan kedepannya kita berharap agar kabupaten Kampar lebih maju dan lebih baik lagi," ulasnya.


"Nantinya kita konsen dan fokus untuk meningkatkan ketahanan keluarga sehingga kita bisa mewujudkan keluarga yang sehat, SDM berkualitas dan bisa untuk menurunkan preventif Stunting di Kabupaten Kampar sesuai dengan tema yang diusungkan 'Keluarga Keren Cegah Stunting'. Semoga harapan ini dapat kita wujudkan dimasa yang akan datang," pungkasnya. (das/kmf)