Bupati Rohil Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Krematorium

Samsul
81 view
Bupati Rohil Letakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Krematorium

ROHIL, datariau.com - Bupati Rohil Afrizal Sintong letakkan batu pertama pembangunan Gedung Krematorium Dharma Bakti Luhur dan Gedung Kolumbarium atau biasa disebut rumah penitipan Abu di Jalinsum Riau-Sumut KM 01 Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rohil, Rabu 20 Oktober 2021.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan. "Kami mewakili pemerintah daerah sangat bangga terhadap warga Tionghua di Bagan Sinembah dan sekitarnya, yang cukup kompak, saling membantu dan saling bekerjasama ditengah masyarakat," jelas Bupati Rohil.

Tambah Bupati, untuk tempat atau lokasi pembangunan Gedung Krematorium Dharma Bakti Luhur dan Gedung Kolumbarium Bagan Batu ini cukup strategis dan agak jauh dari masyarakat.

" Peletakan cor semen Gedung Krematorium Dharma Bhakti Luhu dan Gedung Kolumbarium Bagan Batu ini saya nyatakan di mulai," kata Afrizal Sintong.

Ketua panitia pembangunan Gedung Krematorium Dharma Bakti Luhur dan Gedung kolumbarium Bagan Batu Yongki Teniadi dalam sambutanya mengatakan.

"Proses pembagunan Gedung Krematorium dan Gedung Kolombarium ini dilaksanakan secara bertahap," kata Yongki.

Pembangunan pertama Gedung Krematorium Dharma Bhakti Luhur yang dilakukan sekarang ini. Dan setelah itu akan dilanjutkan pembagunan Gedung Kolumbarium dilingkungan Vihara Buddha

Dharma Bagan Batu KM 01.

" Adapun luas pisik bangunan Gedung Krematorium ini dengan lebar 15 Meter kali panjang 30 Meter dengan luas lebih kurang 450 Meter persegi dilengkapi 2 Unit tungku kremasi beserta kelengkapan penunjang lainnya," terang Yongki.

Latar belakang pembangunan Gedung Krematorium dan Gedung Kolumbarium Dharma Bhakti Luhur Bagan Batu dikarenakan pemakaman kremasi yang saat ini semakin menjadi pilihan pertama didamping pemakaman konvensional, sebut Yongki.

"Dan meningkatnya kecendrungan masyarakat memilih proses kremasi antara lain karena, kremasi lebih praktis, sederhana, murah, cepat, aman dan efisien. Karena adanya wabah virus Covid 19 yang membutuhkan proses cepat untuk pemakaman korban pandemik. Karena alasan religius atau agama tertentu yang membutuhkan dilakukan kremasi," ujar Yongki.

Gedung Krematorium dan Gedung Kolumbarium ini nantiknya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang tinggal di Kabupaten Rohil maupun yang tinggal diluar Kabupaten Rohil.

"Kami dengan iklas hati bersedia untuk melayani dan membantu peran pemerintah dan masyarakat yang membutuhkannya, tanpa ada membedakan suku, ras, agama kepercayaan dan juga akan menjaga keharmonisan kerukunan antar umat beragama," ungkap Yongki.

Camat Bagan Sinembah Sakinah dalam paparannya mengatakan. "Kami di sini mewakili pemerintah daerah Kecamatan Bagan Sinembah kami tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama," jelas Sakinah.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan untuk kebakaran tersebut yaitu, Bupati Rohil Afrizal Sintong, anggota dewan fraksi golkar Risben, mantan ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Camat Bagan Sinembah Sakinah.

Lurah Bagan Batu Kota Riwansyah SSTP, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH SIK, Danramil 03 Bagan Sinembah Kapt Infantri Mendrofa, Kasatpol PP Kab. Rohil Suryadi SE, Seklur Kel. Bagan Batu Kota Asnawi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. (sul)

Penulis
: Samsul
Editor
: Samsul
Sumber
: Datariau.com