Bupati Meranti Muhammad Adil Hadiri Acara Maulid Nabi 1443 H di Masjid Dharul Ulum

Kakak Indra Purnama
119 view
Bupati Meranti Muhammad Adil Hadiri Acara Maulid Nabi 1443 H di Masjid Dharul Ulum
Gambar: Istimewa

MERANTI, datariau.com - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH hadiri acara Peringatan Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam tahun 1443 H/2021 Masehi pada Senin (18/10/2021). Adapun acara tersebut bertempat di Masjid Dharul Ulum Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya, H Muhammad Adil mengatakan makna paling dasar memperingati Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam adalah untuk mengevaluasi diri sejauh mana Uswatun Hasanah Rosulullah SAW bisa diteladani dalam kehidupan sehari-hari.

"Sungguh merupakan kerugian, apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, baik dalam tataran ibadah secara vertikal maupun horizontal melalui peningkatan iman dan takwa serta semakin tingginya kesalehan sosial," katanya dalam sambutan.

H Muhammad Adil menuturkan Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam merupakan momen penting dalam sejarah peradaban manusia di sepanjang masa, untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Sebab, menurutnya keteladanan yang diajarkan nabi saat ini sudah mulai punah di masyarakat. Hal itu, terlihat dari kurangnya rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan kebersamaan.

"Padahal Islam merupakan agama yang mengajarkan ketertiban, keindahan, kebersihan dan kesehatan lingkungan, sebagaimana sabda Rasul dalam hadist bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Seiring dengan peringatan hari kelahiran junjungan kita Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tiap tahunnya, pada dasarnya mengajak kita untuk segala kecil menyimak Rosulullah kembali aspek kehidupan sejak keteladanan," tuturnya.

H Muhammad Adil menyebut, pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui program 7 strategis akan membiayai secara gratis terhadap anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan, hal ini bertujuan agar anak-anak Kepulauan Meranti bisa mengenyam pendidikan yang layak.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19, serta meminta kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mengadakan kompetisi-kompetisi keagamaan yang dapat menghidupkan masjid dan mushallah.

"Saya minta pada Dinas terkait agar dapat membuat pertandingan Berzanji/Sholawat di Masjid maupun Mhusola agar negri kita Kabupaten Meranti mendapatkan berkah", tambahnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir juga Kapolres Meranti AKBP Andi Yul, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) H Mustafa, para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Meranti dan Forkompinda, Pimpinan instansi vertical, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan pembacaan sholawat. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustaz Dr H Magfiroh MA.

Dalam ceramahnya ustaz Maghfiroh mengatakan peringatan Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam bagi umat muslim merupakan bentuk penghormatan dan pengingat tentang kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dengan berbagai bentuk kegiatan. Seperti budaya, ritual dan keagaamaan. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap bupati Meranti, H Muhammad Adil. Menurutnya, banyak kebijakan H Muhammad Adil yang dibuat untuk kepentingan agama di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saya hari ini sangat apresiasi kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH banyak sekali programnya yang membantu agama Allah salah satunya hari ini banyak sekali Masjid dan Musholla yang sudah diperbaiki, Santunan dimana-mana, apa lagi nanti guru nagji, pengurus masjid, imam dan lainya akan digaji, mari kita dukung apa lagi berkaitan dengan menolong agama Allah SWT dan ini menjadi ibadah bagi kita semua", ujar ustaz Dr H Magfiroh MA dalam ceramahnya.

Meski sampai saat ini masih ada kontroversi tentang peringatan Maulid Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam oleh beberapa ulama. Namun, momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam juga menjadi penyemangat untuk menyatukan semangat dan gairah keislaman. (ril)