Berakhir dengan Kepuasan Pengunjung, KBRI Moskwa Sukses Gelar Pameran Pesona Batik Indonesia

Sindy Aprilia Dwiyanti
59 view
Berakhir dengan Kepuasan Pengunjung, KBRI Moskwa Sukses Gelar Pameran Pesona Batik Indonesia
Gambar : antaranews.com
Pameran batik Indonesia oleh KBRI di Moskwa.

DATARIAU.COM - Peringatan Hari Batik Nasional Indonesia sekaligus menjadi penutup acara pameran Pesona Batik Indonesia oleh KBRI Moskwa, pada Ahad (3/10/2021) di All-Russian Decorative Art Museum, ibu kota Rusia.

“Sungguh kesempatan langka untuk dapat hadir di acara promosi batik KBRI Moskwa ini. Saya sebelumnya tidak mengetahui banyak tentang budaya Indonesia. Sekarang saya terpesona akan kekayaan budaya Indonesia, khususnya terkait batik, mulai dari kain batik yang dipamerkan, penampilan para penari warga Rusia saat fashion dance batik Indonesia dengan iringan musik yang sangat keren,” ungkap Ekaterina Shchukina Viktorovna, mahasiswi jurusan Hukum Internasional pada MGIMO University, salah satu universitas bergengsi di Rusia.

Puncak acara resepsi adalah pertunjukan budaya fashion dance bertema batik Indonesia, hasil kolaborasi sanggar tari binaan KBRI Moskwa, Kirana Nusantara Dance (KND), dengan musisi Anon Suneko dari Omah Gamelan Yogyakarta yang juga dosen ISI Yogyakarta.

Pertunjukan fashion dance merupakan acara perpaduan secara medley, antara fashion show beragam kain batik dengan penampilan Tari Batik yang menggambarkan keindahan kisah proses membatik dalam tradisi budaya Jawa. Keluwesan gerak dan tarian ditampilkan mempesona oleh para penari yang seluruhnya adalah warga Rusia.

“Pameran dan workshop batik yang telah berlangsung selama sebulan di Moskwa ini, dari tanggal 3 September hingga 3 Oktober 2021, kiranya menjadi langkah yang baik untuk terus memperkenalkan tradisi dan keindahan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia kepada masyarakat Rusia,” ungkap Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, saat menyampaikan kata sambutan resepsi.

Acara resepsi ditutup dengan final tour oleh para tamu undangan yang hadir bersama Dubes Tavares dan sang istri, Fitria Wibowo Tavares untuk melihat keindahan beragam koleksi kain batik Indonesia yang ditampilkan.

Turut menemani dalam final tour adalah Nina Nostrum, selaku kurator kreatif museum, dan Anastasia Marakhina, selaku tutor workshop membatik.

Tanggapan positif disampaikan para tamu undangan. “Saat ini saya sedang belajar untuk membatik sehingga pameran ini tidak boleh dilewatkan. Saya berharap dapat memperkaya wawasan saya tentang motif, warna dan jenis batik Indonesia,” ujar Valeria Savina, mahasiswi Rusia asal Saint Petersburg yang berjarak 750 km dari Moskwa atau 7 jam perjalanan melalui jalur darat.

“Saya dua kali datang ke pameran batik ini. Segala sesuatu tentang batik Indonesia sangat berkesan, mulai dari proses pembuatan hingga filosofi yang terkandung pada setiap motif batik Indonesia,” ujar Mashikwane Rebecca Mohuba, istri diplomat senior di Kedutaan Besar Afrika Selatan di Moskwa, yang menghadiri resepsi sebagai perwakilan International Women’s Club (IWC) Moscow.

IWC Moscow adalah asosasi wanita ekspatriat terbesar di Moskwa dan saat ini memiliki anggota yang berasal dari 110 negara. (*)

Source : kompas.com