Upika Tualang Bersama Ratusan Masyarakat Perawang Gelar Shalat Istisqa'

Hermansyah
1.459 view
Upika Tualang Bersama Ratusan Masyarakat Perawang Gelar Shalat Istisqa'
Upika Tualang bersama ratusan masyarakat Perawang.

SIAK, datariau.com - Dampak dari musibah kabut asap kian hari kian memprihatinkan bagi kesehatan maupun aktifitas masyarakat di Kabupaten Siak khususnya Kecmatan Tualang saat ini.

Shalat Istisqo yang dilaksanakan di halaman kantor Korwilcam Pendidikan dan Kebudayaan Tualang, Jumat (13/9/2019) pagi. Dihadiri langsung oleh Camat Tualang Zalik Effendi SSos, Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH, Danramil Tualang Kapten Inf Maruli Tua Lumban Tobing, Sekcam Tualang Yudha Rajasa SSTP, Lurah Perawang Nanang Suhendar SSTP, Penghulu se-Kecamatan Tualang.

Selain Upika Tualang, Shalat Istisqo juga turut dihadiri oleh Ketua LAM Tualang H Abdul Razak, Ketua MUI Tualang Drs H Khairuddin Rasul, KUA Tualang H Najamuddin SHi, pejabat lingkungan Kecamatan Tualang beserta ASN dan Honorer, Personil Polsek Tualang Polres Siak, Personil Danramil Tualang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta ratusan msyarakat Kecamatan Tualang. 

Dipimpin oleh Ustadz Pupung Perdana SPdi asal Siak Sri Indrapura, Upika Tualang bersama masyarakat Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (13/9/2019) pagi, melaksanakan Shalat Istisqo di halaman kantor Korwilcam Pendidikan dan Kebudayaan Tualang.

Giat ini dilakukan melihat dampak yang kian hari membuat masyarakat sesak akibat kabut asap yang tak kunjung hilang atau pun berkurang. Bahkan, hingga saat ini kabut asap khususnya di Kabupaten Siak berstatus bahaya bagi kesehatan.

"Arti dari Shalat Istisqa adalah sholat sunnah yang dilakukan bertujuan minta diturunkan hujan. Shalat ini juga dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan atau hajat tertentu," kata Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH, Jumat (13/9/2019) pagi.

Adapun tujuan dilaksanakan Sholat Istisqo ini, jelas Pribadi, memohon diturunkan hujan agar cuaca bersih dan sehat kembali, serta titik api yang masih hidup (menyala) dapat padam di daerah Kecamatan Tualang secara khususnya dan di Riau secara umum yang mengakibatkan kabut asap ini dimana-mana.

Hal senada juga turut disampaikan oleh Ustadz Pupung Perdana SPdi dalam penyampaianya dia menyebutkan, bahwa Shalat Istisqo dilakukan meminta kepad Allah SWT agar diturunkan hujan.

"Kita memohonkan kepada Allah SWT agar diturunkan hujan dan jauhkanlah dari bencana, berikanlah rizki yang halal dan kasih sayang kepada kita semua, jadikanlah kami menjadi orang yang baik dan sholeh dan ampuni dosa kami ya Allah yang telah berbuat salah," ucapnya.

Dimana giat Shalat Istisqo yang dilakukan di halaman kantor Korwilcam Pendidikan dan Kebudayaan Tualang pagi itu berakhir sekira pukul 08.45 WIB. Selama acara berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Editor
: Hermansyah