Ratusan Jung Ikut Meriahkan Festival Budaya Bahari

Datariau.com
393 view
Ratusan Jung Ikut Meriahkan Festival Budaya Bahari
Foto: Riswandi

BENGKALIS, dataroau.com - Ratusan sampan layar kecil atau lebih dikenal dengan sebutan jung, ikut serta memeriahkan festival budaya Bahari di pantai indah parit satu Selat Baru, Kecamatan Bantan. 

Jung yang datang dari berbagai desa ini berwarna menghiasi pantai indah parit satu Selat baru, saat pembukaan festival budaya bahari yang ditaja oleh di pemerintah kabupaten Bengkalis, melalui dinas pariwisata Budaya dan olah raga. 

Kegiatan tersebut yang dibuka lansung oleh asisten II bidang prekonomian dan pembangunan  sekda begkalis dalam acara festival budaya bahari. 

Meriahnya pacu jung yang berada di pantai indah parit satu selat baru, Desa selat baru, Kecamatan Bantan, banyak diliat warga yang datang dari berbagai daerah. 

Jung yang di kirim dari berbagai desa ini, untuk mengikuti perlombaan di pantai indah parit satu selat baru, juga jung-jung yang sudah biasa di perlombakan. 

Seperti yang diungkap kan Kepala Desa Teluk Lancar, Kecamatan Bantan, salah satu penggemar jung dan juga ikut peserta perlombaan, dirinya membawa dua buah jung. 

Selain dirinya, warga Desa Teluk Lancar juga itu serta mnurunkan beberapa buah jung andalan  yang sering dibawa bermain keluar. "Kalau saya cuma bawa dua buah saja, sementara masyarakat kami yang ikut juga bawa dua buah jung perorang," singkat Ismail. 

Masih kata Ismail, dirinya bersama warga selalu ikut serta kalau ada acara pacu jung, bahkan sampai ke luar daerah yang ada di Indonesia. 

Dalam ipen-ipen tertentu dirinya bersama masyarakat selalu ikut acara pacu jung yang ditaja oleh panitia yang melaksanakan kegiatan. "Kalau untuk bermain jung, kita bukan disini saja, melainkan sampai keluar daerah provinsi Riau. Kadang juga sampai ke Malaysia," ungkap Ismail. (ndi)

Penulis
: Riswandi
Editor
: Samsul
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)