Pentingnya Pendidikan Berkarakter

Admin
818 view
Pentingnya Pendidikan Berkarakter
Foto: Kurniawan

PEKANBARU, datariau.com - Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Wali Kota Pekanbaru, Rabu (2/5/2018).

Dalam amanatnya, Plt Wali Kota menyampaikan pentingnya menanamkan pendidikan berkarakter dalam dunia pendidikan untuk menguatkan peran pendidikan serta memajukan kebudayaan.

“Salah satu tujuan pendidikan adalah melakukan pengembangan sumber daya manusia dan tantangan dalam mewujudkan pendidikan saat ini adalah tergerusnya ketajaman akal budi dan menurunnya mentalitas anak,” kata Plt Wali Kota.

Pendidikan karakter juga semakin diperkuat menyusul ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang mengamanahkan pendidikan di bawah tanggungjawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui olah hati, olah rasa dan olah raga.

“Dalam Kepres tersebut disebutkan dalam pelibatannya antara lain satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat, sebagai bagian gerakan nasional revolusi mental,” katanya.

Praktek PPK juga menjadi penting sebagaimana bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara telah menempatkan tri pusat pendidikan yakni sekolah, rumah dan masyarakat.

“Guru, orang tua dan masyarakat harus memperkuat kinerja pendidikan. Harus stimultan menjadi tempat bersemayam nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong dan sebagainya, bagi penerus bangsa,” kata Plt Wali Kota dalam pidato peringatan Hardiknas tersebut.

Penulis
: Kurniawan
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Tag: