Hasil Pemeriksaan Polisi, Dua Bapak Tua Itu Orang Baik, Bukan Pelaku Penculikan Anak

Admin
1.741 view
Hasil Pemeriksaan Polisi, Dua Bapak Tua Itu Orang Baik, Bukan Pelaku Penculikan Anak

PEKANBARU, datariau.com - Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan kepada dua orang pria yang diamankan warga karena dianggap akan menculik anak, akhirnya fakta terungkap.

Dimana, kejadian itu bermula pada Kamis tanggal 26 Juli 2018 sekira pukul 14.30 WIB, diamankan oleh warga 2 pria tua diduga pelaku Tindak Pidana Percobaan Penculikan atas nama inisial LH (Lk, 60) warga Jl Paus Kel Tangkerang Barat Kec Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dan ZB (Lk, 61) Pensiunan Guru, warga Jl Tiung 2 No 20 Kel Labuh Baru Timur Kec Payung Sekaki Kota Pekanbaru.

Keduanya ditangkap warga karena diduga akan menculik seorang anak SD bernama Ananta Panggabean (Lk, 9)

Saat itu LH bersama ZB sedang mengendarai mobil sedan jenis BMW BM 1624 NX warna hitam melintas di persimpangan Jl Darma Bakti (Sigunggung) - Jl Arengka II, karena cuaca cukup panas 2 orang tersebut memberhentikan mobil dan menawarkan kepada seorang anak Ananta Panggabean yang saat itu berjalan kaki pulang sekolah menuju rumah.

Anak tersebut menolak tawaran dan mengatakan bahwa rumahnya sudah dekat atau jaraknya -/+ 100 meter, kemudian ZB tetap menawarkan tumpangan dan akhirnya anak tersebut mendekati mobil dan membuka handle pintu mobil.

Beberapa orang saksi mengamati gerak gerik LH dan ZB serta anak tersebut, ketika anak mendekati mobil, saksi-saksi secara spontan mengejar anak dan menghadang mobil, kemudian mengamankan LH dan ZB beserta mobil dan melaporkan kejadian ke orangtua anak Kornel Panggabean yang merupakan seorang wartawan media cetak di Pekanbaru.

Atas informasi warga selanjutnya Kanit Reskrim beserta anggota Polsek Payung Sekaki mendatangi TKP guna mengamankan diduga pelaku dan BB dari amukan massa.

Kapolsek Payung Sekaki AKP Rachmad C Yusuf menerangkan, bahwa hasil pengakuan LH dan ZB mengatakan bahwa ianya tidak ada niat untuk melakukan penculikan yang tertangkap tangan oleh warga sekitar TKP, namun mereka merasa kasihan dan berniat membantu anak dengan cara memberikan tumpangan karena cuaca cukup panas.

Kepada polisi LH dan ZB juga menerangkan bahwa keberadaannya di tempat tersebut hanya kebetulan melintas menuju Jl Air Hitam dengan maksud dan tujuan untuk survei lokasi tanah yang akan dijadikan lokasi bengkel.

Atas keterangan tersebut dan pemeriksaan, kemudian Penyelidik Polsek Payung Sekaki melakukan pendalaman dengan meminta keterangan saksi hingga mengumpulkan keterangan dari Ketua RT dan warga sekitar tempat tinggal para pelaku.

"Hasilnya, kedua pria itu tidak pernah melakukan kejahatan dan mempunyai latar belakang baik. Penyelidik menyimpulkan bahwa kejadian tersebut bukanlah penculikan," pungkasnya.

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)