Diskusi E-Commerce Bersama Disperindag Pekanbaru

596 view
Diskusi E-Commerce Bersama Disperindag Pekanbaru
Afdal Anasrul

PEKANBARU, datariau.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menggelar diskusi membahas Potensi Ekonomi Digital (E-Commerce) Terhadap Perdagangan dan Jasa Kota Pekanbaru. Acara ini digelar di Hotel Prime Park Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Selasa (23 Oktober 2018).

Forum ini di hadiri oleh Irwan Mulawarman sebagai Direktur Bank Indonesia Provinsi Riau, Nurvianti Sekretaris Disperindag Kota Pekanbaru dan juga Yudha Dewantoro dari Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Pekanbaru.

Irwan dalam sambutannya mengatakan bahwa Bank Indonesia ingin memastikan semua transaksi bisnis produk dalam segi pembayaran dan transaksi elektronik berlangsung aman.

"Dalam setiap transaksi, Bank Indonesia berkeinginan semua produk berjalan lancar, aman dan tepat waktu dalam transaksi teknologi pembayaran," harapnya.

Nurvianti juga dalam pidatonya mengatakan banyak manfaat e-commerce yaitu agar perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang penjualan atau distribusi.

"Dengan tidak banyak membuka cabang setiap perusahaan dapat mengurangi biaya perusahaan serta meningkatkan keuntungan bersih dan pengurangan harga produk-produk," katanya.

"Namun dengan adanya manfaat ada pula dampak negatif yang ditimbulkan oleh e-commerce tersebut, seperti hilang kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan halnya listrik tiba tiba padam dan kehilangan kepercayaan dari pada konsumen," ujarnya.

Yudha Dewantoro sebagai Kadin, Kota Pekanbaru, menginformasikan bahwa peta jalan perdagangan nasional berbasis elektronik ditetapkan melalui Perpres 74 tahun 2017.
 

Penulis
: Afdal Anasrul
Editor
: Diana Maulina