8 Produk yang Sering Dicari Ibu Muda Saat Online Shopping

Datariau.com
896 view
8 Produk yang Sering Dicari Ibu Muda Saat Online Shopping
Ilustrasi (Foto: detik.com)

DATARIAU.COM - Perempuan atau ibu muda merupakan sasaran utama para pelaku E-Commerce untuk memasarkan produknya. Mereka merupakan bendahara yang memiliki kewenangan mengatur keperluan keluarga. Selain itu, masa transisi perempuan yang menjadi ibu lebih banyak dibandingkan laki-laki. Sehingga membutuhkan lebih banyak “terapi”, yakni dengan online shopping.

Perempuan yang tumbuh menjadi remaja, kemudian menikah, dan memiliki anak, harus mempersiapkan tumbuh kembang sang anak kelak. Bedanya, setelah menjadi Ibu, mereka lebih banyak berbelanja kebutuhan anak-anaknya. Hal itu ditunjukkan oleh survei The Asian Parent pada Desember 2017 di Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Saat ini, online shopping sudah menjadi aktivitas harian bagi semua orang. Tidak hanya generasi millennial saja yang gemar online shopping, tetapi Ibu muda yang sudah memiliki anak seperti kamu, juga sudah sangat mengerti era digital.

Memiliki keturunan untuk yang pertama kalinya, memang menjadi hal yang berharga, khususnya bagi para Ibu. Sehingga, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Namanya Ibu muda, pasti sangat suka belanja barang keperluan si kecil, mulai dari perlengkapan tidur, menyusui, hingga perlengkapan untuk berpergian, serta kebersihan yang harus kamu punya.

Kegembiraan memiliki si kecil, tak jarang membuat kamu kalap dan menghabiskan banyak uang. Contohnya untuk kebutuhan anak, entah itu pakaian, popok bayi, susu formula, makanan, mainan dan produk-produk kebutuhan si kecil lainnya.

Beberapa tahun lalu euforia belanja untuk keperluan si kecil dilampiaskan dengan mengunjungi pusat perbelanjaan untuk memborong perlengkapan anak. Namun berkat kecanggihan teknologi yang hadir untuk kamu saat sekarang ini, yang merupakan digital savvy bergeser ke online.

Kamu bisa mulai mencari peralatan si kecil secara online, sehingga tidak akan merepotkan. Apalagi ditengah pandemi seperti saat ini, semua kegiatan yang dilakukan di rumah dengan berbasis jaringan internet.

Melalui smartphone, kamu dapat berbelanja di berbagai platform e-commerce yang tersedia. Kamu tinggal memilih peralatan apa saja yang dibutuhkan, kemudian lakukan pemesanan. Online shopping menjadi favorit banyak orang, karena dipandang lebih hemat waktu, bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja serta lebih mudah membandingkan harga.

Sebanyak 1.093 Ibu di Indonesia berusia 20-40 tahun dimintai pendapat tentang “Digital Moms”. Hasilnya, menyatakan belanja keperluan anak mengambil porsi paling besar. Kegiatan online shopping para Ibu, mengambil persentasi 78 persen untuk produk pakaian anak dan 61 persen untuk produk bayi.

Para Ibu muda di Indonesia, semakin mengandalkan jaringan internet untuk membantu mereka menjalani berbagai peran sebagai orang tua. Survei itu juga menunjukkan, 66% Ibu di Indonesia mengaku membeli keperluan si kecil secara online. Dengan persentase tersebut, tren para Ibu muda yang online shopping kemudian membentuk perilaku tersendiri.

Perbandingan harga menjadi poin paling penting bagi para Ibu untuk beronline shopping, selain faktor penjual yang terpercaya dan ongkos kirim gratis. Kamu lebih menyukai kemudahan membandingkan kualitas barang melalui ulasan di internet.

Dalam mencari informasi suatu produk, kamu pasti lebih mempercayai saran dan rekomendasi yang diberikan oleh teman-teman dekat, kerabat, atau orang-orang di sekitar mereka daripada informasi dari iklan atau media.

Dengan berasumsi, jika suatu produk cocok dipakai oleh anak dari teman-temannya, kemungkinan besar juga akan cocok dipakai oleh si kecil. Apalagi saat online shopping tidak bisa menyentuh dan melihat langsung produk yang diinginkan, sehingga saran dan rekomendasi orang-orang terdekat menjadi sangat penting.

Salah satu alasan memilih beronline shopping di toko resmi, kamu bisa menghindari resiko untuk kemungkinan mendapatkan barang yang tidak asli toko. Karena biasanya, kamu bisa mendapatkan garansi penuh terhadap kualitas produk, agar kesehatan dan keselamatan sang buah hati tetap terjaga.

Kebiasaan para Ibu muda seperti kamu, sebelu, online shopping adalah membandingkan produk dengan mengunjungi berbagai situs toko online untuk mendapatkan harga termurah serta penawaran terbaik, sebelum memutuskan untuk checkout pesanan.

Membandingkan toko online yang satu dengan toko online yang lain, yang mana yang memberikan harga termurah untuk produk yang sama. Memang harga murah merupakan alasan yang paling kuat dan menjadi poin utama untuk merebut hati Ibu-Ibu muda millennial.

Sebagai Ibu muda, ada banyak hal baru yang perlu dipelajari untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati serta memenuhi kebutuhannya. Seringkali, Ibu muda bingung harus menyediakan perlengkapan dan peralatan yang seperti apa untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Sebelum kamu bertransaksi ketika melakukan online shopping. Yuk, simak perlengkapan apa saja yang wajib kamu masukkan ke keranjang untuk memenuhi kebutuhan si kecil:

1. Popok Bayi

Popok bayi sekali pakai atau diapers pastinya menjadi kebutuhan utama, saat si kecil mulai aktif. Pemilihan popok bayi pun harus disesuaikan dengan usia dikarenakan kulit bayi yang lebih sensitif. Harganya pun sangat beragam, sesuai kualitas dan kondisi kulit sang bayi.

Produk bayi atau anak, seperti diapers, dipilih sekitar 61% responden sebagai produk yang kerap dibeli saat online shopping. Bagi keluarga yang memiliki balita, popok bayi sekali pakai atau diapers sudah jadi kebutuhan tersendiri. Anggran budget yang disiapakan pun biasanya cukup besar.

Untuk menyiasati budget, diskon diapers selalu diminati Ibu-Ibu muda. Biasanya para Ibu mencari popok sekali pakai yang memiliki promo menarik serta potongan harga khusus, karena memang membutuhkannya dalam jumlah banyak.

2. Pakaian

Tahun pertama pertumbuhan si kecil adalah saat perubahan yang menakjubkan dimana rata-rata pertumbuhan bayi selama periode waktu ini sangat cepat. Bayi bisa tumbuh setinggi 25 cm dan tiga kali bobot lahir mereka.

Sekitar 78% responden mengaku membeli produk pakaian anak dengan cara online shopping. Sedangkan pakaian bayi termasuk yang paling banyak dicari. Mereka membeli baju secara online karena alasan hemat waktu serta dapat membandingkan harga.

3. Sepatu

Peluang bisnis sepatu bayi dan anak memang cukup menjanjikan. Hal ini muncul karena seperti tumbuh kembang si kecil yang membuat tubuh, serta kakinya juga cepat tumbuh.

Tak heran kalau kamu sering berbelanja sepatu si kecil. Apalagi jika produk sepatu yang dibuat dengan sedikit sentuhan kreativitas sehingga mampu memikat hati banyak konsumen dan juga para reseller.

Mencari sepatu yang tepat untuk bayi sangatlah penting. Sama seperti pakaian, kaki bayi juga cepat sekali berubah ukuran. Membawa bayi atau anak ke toko sepatu untuk sekedar mencari alas kaki terdengar melelahkan.

Online shopping memang jadi pilihan yang praktis. Sepatu yang dicari adalah bagian atas sepatu harus terbuat dari bahan yang lembut dan bagian bawah sol terbuat dari karet, sehingga tidak licin. Sol yang fleksibel akan membantu merangsang fleksibilitas alami kaki sehingga sangat penting bagi perkembangan lengkungan kaki yang normal.

Meski mencari sepatu dengan ukuran yang tepat tidaklah mudah, apalagi jika tidak mencoba langsung. Tapi, nyatanya sepatu tetap menjadi produk favorit yang dibeli Ibu-Ibu saat online shopping.

5. Mainan Anak

Mainan merupakan alat yang dapat menunjang perkembangan otak anak. Bagi para Ibu, penting sekali untuk memilih mainan yang tepat, karena akan membantu anak untuk belajar dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan fase usia mereka masing-masing. Dengan berbelanja mainan secara online, kamu bisa membandingkan harga dan melihat ulasan-ulasan pembeli yang sudah pernah menggunakannya.

Bagi si kecil mainan juga menunjang perkembangan otaknya. Ibu-ibu millennial juga semakin selektif dalam memilih mainan untuk anak. Umumnya, mereka memilih mainan sesuai dengan usia si kecil, untuk mendukung proses belajar agar si kecil lebih efektif dan efesien sesuai dengan fase usia mereka.

Meski demikian, usaha dibidang penjualan mainan online saat ini memiliki persaingan yang cukup ketat. Maka dari itu para pelaku merchant di e-commerce menjual berbagai model mainan si kecil yang up to date agar produk yang dijual tidak ketinggalan jaman dan tentunya menarik perhatian kamu sebagai konsumen.

6. Peralatan Makan

Alat yang tak kalah penting untuk digunakan sebagai peralatan bayi di usia 3 bulan dan usia berapa pun adalah peralatan makan si kecil. Tentunya peralatan makan si kecil ini tidak bisa disamakan dengan peralatan makan orang yang sudah dewasa.

Dengan gigi bayi yang belum tumbuh sempurna, maka tentunya harus digunakan peralatan makan yang bisa membantunya untuk makan dengan lebih nyaman serta tidak menyulitkannya.

Bahan peralatan makan si kecil itu tentunya harus lebih mudah dibersihkan sehingga setiap kali akan digunakan bisa lebih higienis untuk digunakan. Sebab peralatan makan bayi ini tentunya adalah peralatan yang akan langsung bersinggungan dengan mulut bayi, yang tentunya akan sangat berbahaya jika peralatan makan bayi itu dalam keadaan tidak bersih dan penuh kuman.

Peralatan makan bayi yang bisa kamu dapatkan misalnya seperti lunch box, bottle feeding, breast feeding, bahkan tersedia juga sterilizer yang sangat penting untuk membersihkan semua peralatan makan bayi tersebut.

Semua peralatan makan bayi itu, seharusnya memiliki standar keamanan food grade, yang artinya terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk makanan. Kamu bisa memilih berbagai macam peralatan makan bayi dari berbagai brand peralatan bayi yang berkualitas baik.

7. Peralatan Mandi

Kebersihan si kecil adalah yang paling utama untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, tentunya kamu harus melengkapi peralatan mandi si kecil sebelum kelahirannya. Peralatan mandi yang biasa dipakai si kecil adalah handuk, aksesoris mandi, bathup, potty training yang merupakan alat latihan untuk bayi agar bisa buang air kecil di toilet dan masih banyak lagi. Semua peralatan mandi bayi tersebut juga dapat Anda pilih berdasarkan brand-brand berkualitas baik.

8. Camilan

Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah siap menyambut fase perkembangan baru, yaitu makan makanan padat. Dalam fase ini bayi tidak dapat langsung mengonsumsi beragam terkstur makanan, melaikan harus bertahap. Dari yang sangat halus hingga beranjak ke makanan dengan tekstur kasar untuk melatih kemampuan mengunyahnya.

Pertumbuhan si kecil adalah saat perubahan yang menakjubkan dimana rata-rata pertumbuhan bayi selama periode waktu ini sangat cepat. Saat si kecil sudah bisa beradaptasi dengan makanan padat yang lembut, kamu dapat memberikannya finger food atau cemilan seperti biskuit. Umumnya, si kecil sudah siap makan finger food di usia 8 sampai 9 bulan.

Ibu muda mengaku membeli produk makanan ringan untuk anak dengan cara online shopping. Selain harganya yang murah, variasi yang lebih lengkap dari berbagai brand, dan pengirimannya yang cepat. Kamu juga dapat membandingkan keterangan pada kemasan dengan melihat kolom deskripsi, hingga mengetahui beberapa pendapat Ibu lainnya tentang produk tersebut di kolom ulasan.

Itulah beberapa barang-barang favorit yang paling banyak dicari oleh Ibu-Ibu muda ketika melakukan online shopping. Perlengkapan si kecil di atas akan selalu dicari oleh konsumen. Entah konsumen yang baru akan melahirkan, atau yang sudah memiliki buah hati. Semoga bermanfaat!