35 Pejabat Dilantik Bupati Meranti

Admin
519 view
35 Pejabat Dilantik Bupati Meranti
Foto: Rahmad Santoso
MERANTI, datariau.com - Sebanyak 35 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dilantik. Mereka akan mengisi kekosongan jabatan dari pejabat yang sudah pensiun.

Seluruh pejabat langsung diambil sumpah jabatan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi di gedung orange kantor bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Selasa (26/2/2019).

Usai melantik, Bupati Irwan menilai pelantikan pejabat yang dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan yang disebabkan adanya pejabat yang memasuki usia pensiun. Sejalan juga dengan penyesuaian terhadap beberapa jabatan yang dinilai belum maksimal dalam bekerja terhadap ASN tersebut.

"Ketika ASN ditempatkan diposisi baru, itu dianggap sesuatu hal yang biasa. Karena jika diposisikan pada jabatannya hari ini, pasti besok lusa akan diganti. Jadi yang tidak ada pasti senantiasa selalu ada, oleh karena itu harus siap untuk diposisikan dimana saja," ujar Bupati.

Penempatan jabatan yang dilakukan ini, lanjut Bupati Irwan, sebagai peningkatan kualitas kinerja dalam menghadapi tugas berat dan penting yang harus dituntaskan didalam anggaran tahun 2019. Bagi beberapa ASN yang tiba-tiba dipindahkan, padahal dia sudah cocok dan sedang berjalan dari kinerjanya, itu hal yang sudah lumrah.

"Tentu ini akan menjadi pertanyaan kenapa bisa dipindahkan, karena masing-masing sudah pas dijabatan yang diberikan. Namun sesungguhnya, yang memihak pas atau belumnya itu adalah pimpinan atau kepala organisasi perangkat daerah (OPD)," terangnya.

Dia mengakui sebagai pimpinan tertinggi di Kepulauan Meranti, akan selalu senantiasa melakukan evaluasi dan monitoring terhadap seluruh jabatan ASN. Refrensifnya, kata dia, pemerintah akan menempatkan ASN itu sesuai dengan keilmuan, kemampuan, dan situasi otonomi di Kepulauan Meranti.

"Saya harap rotasi dan mutasi yang dilakukan ini akan bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja bagi ASN," tutur Irwan.

Dalam hal ini, bagi yang mendapatkan jabatan promosi, menurutnya itu suatu upaya yang barangkali sudah pantas untuk diterima. Namun, bagi yang belum dapat, ia meminta kepada ASN agar bekerja lebih baik lagi.

"Kedepan organisasi (OPD) akan menuntut dan membutuhkan ASN yang berkualitas, profesional, dan memenuhi dengan syarat. Mudah-mudahan bagi ASN yang baru dilantik ini dapat bertugas lebih baik lagi dalam menjalankan amanah sesuai dengan harapan masyarakat dan membuktikan (ASN) pantas pada jabatan yang diberikan. Untuk itu, perlihatkan kemampuan dalam bekerja," jelas Bupati Kepulauan Meranti itu.



Terpisah, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kepulauan Meranti, Bakharuddin mengatakan, diantaranya 37 orang yang dilantik meliputi sebanyak 11 pejabat eselon III dan 26 pejabat eselon IV. Namun dua orang pejabat tidak hadir dalam pelantikan yakni, satu dari pejabat eselon III dan satu eselon IV.

"Yang dilantik hari ini seharusnya 37 orang pejabat sesuai data yang dikeluarkan oleh BKD. Jadi karena tidak hadir dua orang, maka yang dilantik Bupati menjadi 35 orang," katanya.

Saat ditanyai pelantikan susulan terhadap pejabat yang belum dilantik dan bakal dilantik, Bakharuddin mengakui hal itu masih sedang dalam proses persetujuan pimpinan teratas. "Masih menunggu arahan dan kesediaan waktu pimpinan untuk melantik," ujarnya. (mad)
Penulis
: Rahmad
Editor
: Redaksi
Sumber
: Datariau.com