Pejabat Gaza Ajukan Bukti Kejahatan Israel ke ICC

Ruslan
795 view
 Pejabat Gaza Ajukan Bukti Kejahatan Israel ke ICC
Pejabat Gaza menyerahkan bukti kekerasan tentara Israel selama aksi demonstrasi damai di perbatasan Gaza-Israel.

GAZA, datariau.com - Para pejabat di Jalur Gaza yang diblokade menyerahkan bukti terdokumentasi pelanggaran Israel terhadap demonstran tak bersenjata kepada Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Anggota Komite Nasional Gaza untuk Menghancurkan Pengepungan, Salah Abdul Ati, mengatakan pihaknya telah memberikan pengadilan yang bermarkas di Den Haag bukti-bukti kejahatan Israel terhadap demonstran tak bersenjata termasuk wanita dan anak-anak.

Menurut Abdul Ati, informasi - yang dilaporkan disampaikan kepada jaksa kepala ICC - termasuk laporan khusus tentang kejahatan penjajah Israel terhadap anak-anak, jurnalis, dan tenaga medis seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (2/8/2018).

Selama tiga bulan berturut-turut, rakyat Palestina telah melakukan demonstrasi rutin di dekat zona penyangga Gaza-Israel.

Sejak unjuk rasa dimulai pada 30 Maret, lebih dari 150 warga Palestina telah menjadi martir - dan ribuan lainnya terluka - oleh tembakan tentara Israel.

Para pengunjuk rasa menuntut "hak untuk kembali" ke rumah dan desa mereka di Palestina yang bersejarah, dari mana mereka diusir pada tahun 1948 untuk membuka jalan bagi negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 11 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah menghancurkan ekonomi wilayang kantong di pesisir dan merampas barang kebutuhan pokok kira-kira dua juta penduduk.

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: sindonews.com
Tag:
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)