Wisata Banda Aceh Dipromosikan di Rakernas JKPI Palembang 2022

Admin
370 view
Wisata Banda Aceh Dipromosikan di Rakernas JKPI Palembang 2022
PALEMBANG, datariau.com - Nama Kota Banda Aceh kembali menggema di Rakornas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Palembang, tepatnya saat Sanggar Citka Geunta menampilkan sejumlah tarian Aceh pada Pertunjukan Seni Budaya JKPI yang berlangsung di Benteng Kuta Besak, Kota Palembang, Rabu (2/11/2022).

Pada JKPI edisi kali ini, Kota Banda Aceh menampilkan tiga tarian, yakni Seudati, Tari Saman dan Rapai Geleng. Kecepatan dan keseragaman gerak para penabuh rapai ini mendapat standing applaus dari masyarakat Palembang dan pengunjung pameran JKPI yang berada satu lokasi dengan pentas seni budaya tersebut.

Tampak sejumlah pengunjung berkali-kali memberikan standing applaus saat Nisfun Nahar dkk tampil. Masyarakat ‘Bumi Sriwijaya’ pun dibuat terhipnotis dengan penampilan para penabuh rapai yang sudah malang melintang di tingkat berbagai negara.

Pj Walikota Bakri Siddiq memimpin langsung delegasi Kota Banda Aceh di Rakornas JKPI Palembang mengatakan Seudati, Saman dan Rapai Geleng merupakan tarian tradisional Aceh yang melambangkan karakter orang Aceh.

"Gerakan tarian yang melambangkan sikap keseragaman dalam hal kerjasama, kebersamaan, dan penuh kekompakan diiringi lirik syair yang mengandung syiar Islam, dan juga bentuk karakter orang Aceh yang setia terhadap siapapun," jelas Bakri Siddiq kepada warga yang hadir.

Bakri Siddiq juga mengajak para peserta untuk berkunjung ke Banda Aceh, kesenian dan kebudayaan tersebut menjadi modal untuk menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Kota Banda Aceh selain destinasi wisata halal yang terus dikembangkan.

"Saat ini di Kota Banda Aceh terus berusaha mengembangkan sejumlah destinasi wisata dan juga sejumlah kesenian dan budaya, maka kepada semua yang hadir disini dan para peserta JKPI, Ayo ke Banda Aceh," ajak Bakri Siddiq. (mah)
JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)