Advertorial Pemerintah Kabupaten Kampar

Pj Bupati Adakan Makan Malam Tim BSP Malaysia Sambil Memaparkan Potensi Makanan Khas Kampar

Admin
596 view
Pj Bupati Adakan Makan Malam Tim BSP Malaysia Sambil Memaparkan Potensi Makanan Khas Kampar

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Setelah mengunjungi olahan kripik nanas di Kualu, Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM mengajak Tim Bussines Strategy Profesional (BSP) Malaysia makan malam bersama serta melakukan pemaparan terkait potensi yang menonjol yang ada di Kabupaten Kampar, yang diselenggarakan di Balai Bupati Kampar, Rabu (23/11/2022).

Tampak hadir Pengurus Besar BSP Low Jion Jack, Property Developer Construction Eric Lim Zhong, Consultan Pakar Makanan Siaw Chon Lok, Wakil Consultan Malaysia DPP Apindo Riau Awaludin Nasir, Ketua Apindo Kampar M Amin dan Kepala OPD Ruang Lingkup Pemkab Kampar serta tamu undangan lainnya.



Kedatangan investor Malaysia ini sekalian bersilaturahmi dan memperkenalkan salah satu investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Kampar dalam sektor perikanan seperti ikan patin dan tanaman nanas. Dalam pemaparan tersebut, Pj Bupati Kampar mengucapkan selamat datang di Rumah Dinas Bupati Kampar, semoga nyaman dan bahagia berada di Kabupaten Kampar.

“Kabupaten Kampar memiliki potensi besar dalam sektor perikanan dan makanan khas lokalnya, seperti ikan patin, cat fish, tilapia dan gold fish. Produksi ikan di Kabupaten Kampar menurut jenisnya yaitu produksi ikan patin perharinya mencapai 21,909 ton, catfish 14,056 ton, tilapia 12,533 ton, dan gold fish 7,895 ton.

“Di kabupaten Kampar ikan patin merupakan yang paling menonjol, salah satu pendukung budidaya ikan di kabupaten Kampar merupakan Kampar memiliki sungai besar bernama Sungai Kampar yang panjangnya sekitar 413,5 kilometer dan telah difungsikan oleh masyarakat sebagai sumber penghidupan, termasuk budidaya ikan. Luas reservoir PLTA Koto Panjang sekitar 124 kilometer. Ini adalah area besar untuk budidaya ikan dan potensi areal untuk budidaya perikanan adalah 6.113 Ha," terang Pj Bupati Kampar.

Dalam produksi besar ikan patin yang dimiliki oleh kabupaten Kampar sudah memiliki produk olahan yaitu kerupuk kulit ikan patin, salai ikan patin, keripik balado shirley, bakso ikan patin, empek-empek patin, abon ikan negeri patin, nuget ikan dan risoles ikan dan lainnya.

“Saya berharap investor ini mengekspor sampai ke Pasar Malaysia, dan harapan saya juga pengembangan objek dan peluang kerjasama ini dengan 3 sektor, pengembangan budidaya perikanan, pembangunan pabrik, pengelolahan ikan dan pembangunan pabrik pakan ikan,” harap Pj Bupati Kampar.



Pj Bupati Kampar menjelaskan, terkait buah nanas di kabupaten Kampar produksinya mencapai 27.770 ton pada tahun 2021 dengan olahan produk seperti keripik nanas, selai nanas, sirup nanas dan dodol nanas. Distribusi ini hanya pemasaran lokal Kampar dan sekitarnya. “Maka saya berharap di sini nanas ini sampai ke pemasaran Malaysia," ungkapnya.

"Harapan saya untuk nanas ini pembangunan pabrik pengelolahan nanas modren di Kabupaten Kampar dapat menjadi solusi dalam meningkatkan petani untuk menanam nanas. Maka dukungan Pemerintah Kabupaten Kampar selalu mendorong pertumbuhan investasi di Kabupaten Kampar dengan memberikan dukungan berupa kemudahan administrasi dan keamanan investasi dan Pemkab Kampar mendorong kerjasama bussinis to bussinis dengan badan usaha di Kabupaten Kampar termasuk dengan UMKM,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Pengurus Besar BSP Low Jion Jack mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati Kampar dan Apindo. "Kami datang ke sini adalah untuk satu tujuan dan membawa bisnis projek investasi ikan patin dan nanas," terangnya.

“Bupati cerita sama saya potensi ikan sangat besar produksinya di kabupaten Kampar dan saya dibawa ke Riau Expo, di sana saya dibawa untuk melihat makanan UMKM Khas Kampar seperti ikan patin dan nanas, saya mencicipi makanan khas UMKM Kampar ini di Riau Expo cukup enak, bagus sekali dan tidak ada di Malaysia, ini sangat luar biasa bagi saya untuk melakukan investasi,” kata Pengurus Besar BSP Low Jion Jack.



"Untuk kawan-kawan Apindo mungkin ada banyak potensi untuk bekerjasama dan saya merasa kita mungkin banyak membawa projek bersama untuk berinvestasi disini. Saya terimakasih untuk kawan-kawan Apindo dan Bupati karena pelayanannya emang bagus sekali dengan memaparkan produk-produk yang ada di kabupaten Kampar ini dan saya tertarik sekali, ini luar bisa bagi saya karena pak bupati bilang untuk meningkatkan ekonomi dan mensejahterahkan masyarakat Kabupaten Kampar,” tutupnya. (das/kmf)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)