Advertorial Pemerintah Kabupaten Kampar

Pemkab Kampar Terapkan Pembibitan Berbasis Teknologi

Admin
702 view
Pemkab Kampar Terapkan Pembibitan Berbasis Teknologi

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Era globalisasi seluruh lini kehidupan dituntut untuk dapat mengefisienkan kinerja tanpa mengurangi mutu. Untuk produk perikanan harus mempunyai jaminan mutu dan keamanan pangan. Produksi perikanan Kampar bisa bersaing di pasar nasional dan dunia tentu saja produk perikanan harus mempunyai sertifikasi jaminan mutu.

"Ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 57 tahun 2015 tentang jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan, pemerintah Kabupaten Kampar berkomitmen untuk menghasilkan produksi yang berkualitas," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Zulfahmi SPi saat dijumpai di Bangkinang Kota, Jumat (4/11/2022).

"Alhamdulilah Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM telah malukukan peninjauan terhadap produk perikanan maupun pembibitan yang berada di beberapa lokasi di Kabupaten Kampar, diantaranya di Pembudidayaan Desa Sepungguk dan pembudidayaan perikanan Koto Masjid di XIII Koto Kampar," lanjutnya.

Aksi perubahan yang dilakukan oleh Kepala Bidang Budidaya Adri Dwison SPi MSi dengan membangun sistem informasi jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan melalui aplikasi yang ada di website Diskan Kampar https://diskan.kamparkab.go.id/ mendapat apresiasi dari Pj Bupati Kampar.



"Kami sangat mendukung aksi perubahan dengan judul peningkatan kualitas produksi perikanan budidaya melalui penerapan teknologi informasi jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan di Kabupaten Kampar yang disampikan oleh Adri Daswin SPI MSi yang saat ini mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Jakarta," terang Pj Bupati Kampar.

Sementara itu Adri Dwison SPi manyatakan pengajuan sertifikasi jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan dilakukan dengan menjalankan SOP Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Cara Pembenihan yang Baik (CPIB) dan Cara Pembuatan Pakan Ikan yang Baik (CPPIB).

"Selama ini dilakukan oleh pelaku usaha dengan cara manual yang tentu saja akan memakan waktu yang lumayan lama," kata Adri Dwison.

Untuk itu, lanjutnya, dengan adanya aksi perubahan yang dilakukan dengan membangun sistem informasi jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan melalui aplikasi yang ada di website Diskan Kampar, akan ada pengajuan sertifikasi secara digital yang akan mempermudah pelaku usaha mengajukan sertifikasi yang nantinya akan menghasilkan sertifikat jaminan mutu yang akan dikeluarkan oleb Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Terkahir ia menerangkan bahwa di dalam website tersebut ada juga Standar Operasional Prosedur perikanan akan memandu pelaku usaha perikanan dalan menjalankan usaha yang sesuai dengan aturan. (das/kmf)

JIKA MENEMUKAN BERITA KAMI TIDAK SESUAI FAKTA, SEGERA HUBUNGI 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)