Advertorial Pemkab Meranti

HM Adil Selenggarakan Shalat Tarawih Berjamaah di Halaman Kantor Bupati

Samsul
639 view
HM Adil Selenggarakan Shalat Tarawih Berjamaah di Halaman Kantor Bupati
KEPULAUAN MERANTI, datariau.com - Dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti selenggarakan shalat Isya dan Tarawih berjama'ah di Halaman Kantor Bupati, sekaligus santunan dan bantuan sembako untuk masyarakat, Selasa (19/4/2022).

Dalam acara itu Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM mengatakan, bahwa bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh dengan keberkahan. Setiap amalan dan ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan sudah pasti mendapatkan ganjaran berlipat dari Allah Subahanahu wa Ta'ala.

"Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan untuk berpuasa selama 30 hari lamanya, dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa adalah ibadah wajib selama Ramadhan," kata Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM.

Dilanjutkan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM, selain ibadah puasa, tak lengkap rasanya untuk menambah amal ibadah lainnya. Di bulan Ramadhan, setiap malamnya atau sehabis shalat Isya biasanya melaksanakan shalat tarawih. Agar tak lupa lagi bagaimana tata cara pelaksanaannya, kembali diingatkan bagaimana shalat tarawih dikerjakan mulai dari niat hingga salam.

Shalat tarawih atau di beberapa daerah biasa disebut dengan taraweh, atau teraweh merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan.

Dalam bahasa Arab, kata tarawih merupakan bentuk jamak dari تَروِيحَةٌ (tarwihatun) yang artinya waktu sejenak untuk istirahat. Seperti yang telah disebutkan bahwa tarawih ini dilaksanakan selepas shalat Isya. Biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid.

Selanjutnya acara Sholat Tarawih Berjamaah tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan zakat dari pihak Baznas berupa sembako dan uang saku kepada masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima dan diserahkan langsung oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM.

Kemudian pada kesempatan itu juga ada tausyiah beberapa menit dari Ustadz Mardio sekaligus ketua BAZNAS dengan tema Bulan Suci Ramadhan, adapun pesanya dalam bulan suci Ramadhan jagalah mulut dari hal yang tak berguna. Dia juga berpesan kepada PNS agar dapat bekerjasama dengan Baznas.

"Kita juga sudah membuat programnya pada hukum, artinya zakat dipotong langsung dipotong satu sumber langsung dari atas," ujarnya. (adv)
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)