Tim Kukerta UNRI Ikut Memasak Untuk Melaksanakan Tradisi Bakaua

Admin
85 view
Tim Kukerta UNRI Ikut Memasak Untuk Melaksanakan Tradisi Bakaua

DATARIAU.COM - Dalam rangka menyelenggarakan tradisi makan bersama atau yang disebut Bakaua, masyarakat dan tim Kukerta UNRI antusias untuk mengikuti serta meramaikan tradisi tersebut.

Pada Jumat 23 Juli 2021 Tim Kukerta UNRI membantu warga memasak untuk makan bersama dan ikut serta meramaikan tradisi di Taratak Payo bertepatan di Bukit Kilah.

Tradisi adat ini merupakan warisan turun temurun sejak dulunya. Tradisi mengadakan acara makan bersama ini, Tim Kukerta UNRI ikut serta dalam meramaikan tradisi adat tersebut.

Setelah makan bersama, salah satu warga membaca doa. Warga Payo desa Belimbing memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan tujuan meminta agar terhindar dari segala bentuk musibah.

Dalam acara ini ramai dihadiri para datuak-datuak, yaitu orang yang didahulukan selangkah, atau tokoh masyarakat.

Tradisi ini dilakukan saat banyak penyakit yang menimpa warga Taratak Payo, masyarakat berpatisipasi dalam tradisi tersebut sembari mempererat tali silaturahmi antar-warga.

Menurut Datuak Galombang (salah satu warga) tradisi yang dinamakan Bakaua ini dilakukan masyarakat sejak dulu peninggalan nenek moyang. (*)

Penulis: Martia Gustika (Tim Kukerta Universitas Riau)
Dosen Pembimbing: Ibu Yeni Solfiah SPd MPd