Tim KKN UNRI Bantu Persiapan dan Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Masjid Baitul Arsy

Admin
148 view
Tim KKN UNRI Bantu Persiapan dan Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Masjid Baitul Arsy

PEKANBARU, datariau.com - Menjelang perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Tim KKN Delima ikut membantu Masjid Baitul Arsy dalam melakukan persiapan untuk perayaan Idul Adha yang jatuh pada hari Selasa (20/7/2021).

Hari Raya Idul Adha kerap dikaitkan dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh umat muslim yang mampu menunaikan ibadah tersebut. Adapun hewan yang disembelih untuk ibadah kurban antara lain adalah sapi dan kambing.

Kegiatan persiapan Idul Adha diawali dengan anggota Tim KKN laki-laki yang membantu pemasangan tenda di area sekitar masjid, menghitung infaq serta membantu pendataan peserta kurban RW 08 kelurahan Delima tersebut.

Sedangkan anggota Tim KKN perempuan membantu ibu-ibu RW 08 mempersiapkan bahan-bahan untuk memasak daging besok.

Pada saat hari pelaksanaan, Tim KKN Delima membantu warga dalam melasanakan beberapa kegiatan di Masjid Baitul Arsy.

Beberapa kegiatan tersebut seperti kurban, menyiapkan makanan buat panitia kurban, membersihkan masjid, dan lain-lain.

Kegiatan tersebut dibantu oleh tim KKN dengan membagi 2 grup yakni laki-laki dan perempuan.

Kegiatan dilakukan sejak pagi hari dengan membantu warga dalam menyiapkan beberapa persiapan yang sudah dilakukan di hari sebelumnya.

Kondisi proses kurban di Masjid Baitul Arsy dilakukan dengan semangat sebab masjid memiliki sekitar 17 sapi dan 5 kambing untuk dikurbankan.

Proses sembelih kurban dimulai sejak pagi setelah salat Idul Adha hingga memasuki waktu Ashar yang kemudian akan dibagikan kepada warga setelah waktu Ashar.

Proses pembagian daging kurban selesai sekitar jam 6 sore dan kemudian dilanjutkan dengan membersihkan masjid hingga memasuki waktu Maghrib.

Terakhir, setelah membersamai proses kurban selama Idul Adha, Tim KKN mendapatkan daging kurban yang diberikan masjid kepada anggota KKN. (Wandy Ardiyansyah Hasibuan)