Sulap Sampah Jadi Barang Ekonomis, Mahasiswa Kukerta Unri Lakukan Sosialisasi Bank Sampah

Ruslan
100 view
Sulap Sampah Jadi Barang Ekonomis, Mahasiswa Kukerta Unri Lakukan Sosialisasi Bank Sampah

PEKANBARU, datariau.com - Tanggal 5 Agustus 2021 bertepatan di hari Kamis di aula Kelurahan Tangkerang labuai, mahasiswa Kukerta Unri melakukan kegiatan sosialisasi bank sampah dengan tema “Ubah Sampah Jadi Uang” yang didampingi langsung oleh sekretaris Lurah Tangkerang labuai Bapak Azwar.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

Sampah yang selama ini kita buang dapat dijadikan barang ekonomis yang dapat ditukarkan menjadi uang. Hal ini tentunya dilakukan melalui bank sampah.

Mekanisme bank sampah ini sama seperti mekanisme bank pada umumnya. Hanya saja yang disetor bukan uang melainkan sampah. Nanti sampah tersebut akan ditimbang dan dicatat di buku rekening oleh petugas bank sampah.

Dalam bank sampah, ada yang disebut dengan tabungan sampah yang tentunya berisikan uang. Maka dari itu, masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

Selain utk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, tentunya kegiatan sosialisasi yang kami lakukan ini berimbas pada kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Tentunya melalui bank sampah tadi, masyarakat akan lebih memilih untuk menyetorkan sampah ketimbang membuangnya.

Kegiatan sosialisasi bank sampah ini dilakukan secara webinar online di aplikasi zoom meeting dan kegiatan ini dilangsungkan juga secara live di IG kukerta kami yaitu kukerta.tangkeranglabuai2021.

kegiatan ini dilaksanakan dari jam 10.00 WIB s/d 12.00 WIB dan pesertanya merupakan masyarakat Kelurahan Tangkerang Labuai serta termasuk RT ataupun RW setempat.

Sosialisasi bank sampah ini sendiri dihadiri oleh bapak Muhammad Shalikhin, S.H selaku Pendamping Pembentukan Bank Sampah DLHK Pekanbaru yang juga selaku narasumber diacara sosialisasi bank sampah tersebut.

Respon masyarakat sangat bagus dari kegiatan sosialisasi ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber dan juga kami diberikan apresiasi oleh pihak kelurahan Tangkerang Labuai. (ril)