SMAN 5 Bagan Sinembah Kedatangan Tim Pembina Adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir

Samsul
250 view
SMAN 5 Bagan Sinembah Kedatangan Tim Pembina Adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir

BALAI JAYA, datariau.com - SMAN 5 Bagan Sinembah kedatangan tamu dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir dalam agenda untuk melakukan pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atas ajuan dari SMAN 5 Bagan Sinembah, Kamis (9/9/2021).

Tim Pembina yang hadir pada kesempatan ini ialah Bapak H Khoirul Amri ST MSi selaku Kepala Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Bapak Alkahfi Sutikno MPd selaku narasumber materi Gerakan Peduli Lingkungan Hidup, Bapak Kiki Andrian MPd selaku narasumber penerapan Silabus dan RPP yang terintegrasi dengan lingkungan hidup, dan Bapak Imam Mahmudi selaku tim pembina.

Selain dari tim pembina, peserta yang berkesempatan hadir pada kegiatan ini antara lain Penghulu Kencana Bapak Edi Saputra SHI beserta jajaran, masyarakat sekitar yang terlibat dalam tim adiwiyata sekolah, serta Masyarakat Sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah, Majelis Guru, Pemilik Kantin Sekolah, Penjaga Sekolah, Serta kader adiwiyata sekolah.

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan Sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dengan senarai acara menyanyikan lagu indonesia raya, doa oleh Datuk Penghulu Kepenghuluan Kencana, sambutan dari kepala sekolah, sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, kemudian penandatanganan dan penyerahan saran dan masukan menuju sekolah Adiwiyata, penyerahan bibit tanaman, alat pelobang biopori dan Peter file dokumen, oleh Tim Pembina Adiwiyata kepada kepala sekolah.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi yang diberikan oleh bapak Alkahfi Sutikno MPd mengenai Gerakan Peduli Lingkungan Hidup di Sekolah. Dalam penyampaiannya, bapak Alkahfi Sutikno MPd menjelaskan serangkaian dan langkah langkah, metode dan dokumen penilaian untuk bisa menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di SMAN 5 Bagan Sinembah dengan didampingi tim tersebut selama 2 tahun.

Pemateri juga melakukan kampanye terhadap masyarakat sekolah untuk bisa peduli dan berbudaya lingkungan hidup dengan meminimalisir penggunaan bahan berbahan plastik dalam aktivitas sekolah, melakukan pendauran ulang sampah yang ada disekolah, menjelaskan berbagai jenis tanaman yang dapat ditanam dilingkungan sekolah yang memiliki berbagai manfaat dan menjelaskan berbagai jenis tanaman yang tidak boleh ditanami dilingkungan sekolah.

Setelah kegiatan materi dilakukan, pemateri juga mengajak tim adiwiyata sekolah untuk melakukan peninjauan dan saran kedepannya untuk kegiatan pembinaan sekolah berbasis peduli dan berbudaya lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan peninjauannya berupa, penanaman pohon bambu guna menjadi peredam suara, pemilihan jenis tanaman yang tidak merusak struktur tanah, tanaman obat yang bisa digunakan masyarakat sekolah, dan penjelasan tanaman yang bisa membahayakan masyarakat sekolah.

Disisi lain, Bapak Kiki Andrian MPd juga memberikan materinya kepada majelis guru SMAN 5 Bagan Sinembah untuk bisa membuat salah satu komponen penilaian dalam adiwiyata yaitu perancanan Pembelajaran berbasis peduli dan berbudaya lingkungan pada matapelajaran tertentu, serta silabus pembelajaran yang dikaitkan juga peduli dan berbudaya lingkungan hidup disekolah.

Setelah serangkaian acara selesai. kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama antara Tim Pembina Adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir dengan Majelis Guru SMAN 5 Bagan Sinembah. (rls)