Peran Penting Pendidikan Terhadap Pembangunan

Admin
279 view
Peran Penting Pendidikan Terhadap Pembangunan

DATARIAU.COM - Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan sesorang. Pendidikan lah yang menentukan dan menuntun masa depan dan arah hidup seseorang. Walaupun tidak semua orang berpendapat seperti itu, namun pendidikan tetaplah menjadi kebutuhan manusia yang paling utama. Bakat dan keahlian seseorang akan terbentuk dan terasah melalui pendidikan. Pendidikan juga umumnya dijadikan tolak ukur kualitas setiap orang.

Pendidikan menurut para ahli:

1.Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya

2. Menurut H Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia

3. Menurut Prof H Mahmud Yunus yaitu pendidikan menurut para ahli yang lain tentu saja berbeda dengan pendapat pemuka agama. Salah satunya pendapat Mahmud Yunus, ia mengartikan bahwa pendidikan merupakan upaya mempengaruhi seseorang agar penguasaan ilmu pengetahuan bertambah

4. Menurut Prof Dr John Dewe jika beberapa pendapat sebelumnya membahas pengertian pendidikan menurut para ahli dari tokoh Indonesia, bagaimana dengan pendapat para tokoh dari luar negeri? John Dewey berpendapat pendidikan salah satu proses pengalaman seseorang dalam mencari ilmu pengetahuan. Ia pun berpendapat bahwa ilmu akan terus berkembang, menyesuaikan dengan pertumbuhan individu itu sendiri.

Dari beberapa pengertian pendidikan menurut ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.

Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkwalitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendiri memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Fungsi dari pendidikan adalah sebagai berikut

1. Mengurangi pengendalian orang tua terhadap anak-anaknya. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas serta wewenangnya dalam mendidik anak kepada pihak sekolah

2. Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah mempunyai potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah serta masyarakat tentang sesuatu hal, seperti pendidikan seks serta sikap terbuka

3. Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan bisa mensosialisasikan kepada anak-anak didiknya guna menerima perbedaan prestise, privilise, serta status yang ada dalam masyarakat. Sekolah pun diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi ataupun paling tidak sesuai dengan status orang tuanya

4. Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah bisa pula memperlambat masa dewasa seseorang sebab siswa masih tergantung secara ekonomi kepada orang tuanya

Hubungan terhadap pendidikan dan pembangunan memiliki kaitan yang sangat sinkron. Pendidikan yang merupakan suatu usaha untuk diri manusia dan mampu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menunjang pembangunan. Sedangkan pembangunan itu sendiri sebagai usaha dari diri manusia itu sendiri yang dapat menunjang pendidikan misalnya dalam pembinaan, penyelidikan, dalam memberi saran dan lain-lain).

Pentingnya pendidikan sudah dipercayai sejak zaman dulu sampai sekarang, pendidikan dijadikan sebagai satu-satu determinan paling penting bagi kesuksesan sosial dan ekonomi seseorang. Suatu kajian telah menempatkan orang-orang berpendidikan tinggi (sarjana, doctor, professor) pada rangking prestise tertinggi dalam kegiatan dan kehidupan sosial ekonomi. Pendidikan dapat didekati dari berbagai sudut pandang antara lain pendekatan sisi modal manusia dan pendidikan dari sisi manfaat pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan guna membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu mengikuti arus perkembangan jaman yang semakin maju. Selain itu pendidikan merupakan salah satu sektor penting dan dominan dalam menentukan maju mundurnya suatu bangsa.

Kualitas dari pembangunan dapat dilihat bagaimana sumberdaya manusia yang handal dapat mengelola pemanfaatan sumber daya yang tersedia akan terciptanya produktifitas pembangunan yang tinggi. Untuk menciptakan sumberdaya manusia yang handal diperlukan kualitas pendidikan yang relevan sebagai modal dasar dalam pembangunan.

Peranan pendidikan sangat berpengaruh dalam pembangunan suatu Negara karena Negara yang maju sudah pasti memiliki mutu pendidikan yang sangat baik di negaranya. karena jika Negara mempunyai generasi penerus yang cerdas pasti para penerus akan memperbaiki pembangunan terhadap Negara. pendidikan sangatlah penting untuk menentukan kedudukan suatu bangsa, ilmu pengetahuan teknologi suatu Negara juga mempengaruhi kemajuan negara, contoh saja Indonesia, Negara kita ini masih lemah dari sektor pendidikan dibanding Negara maju seperti Jepang, Jerman, dan negara maju lainnya.

Karena di Negara Indonesia masih banyak masalah pendidikan yang belum diselesaikan oleh pemerintah seperti masih banyaknya bangunan sekolah yang tidak layak untuk belajar dan pengembangan metode belajat yang masih jauh dari harapan. Maka dari itu Indonesia sampai saat ini masih dikategorikan sebagai Negara berkembang.

Contoh saja seperti negara maju Jepang terkenal dengan teknologinya yang berkembang sangat pesat hal ini tidak lepas dari pendidikan yang sangat baik di Jepang.

Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)