Peduli Covid 19, Tim KuKerta UNRI Ikut Bangun Posko PPKM di Desa Balai Jaya

Datariau.com
171 view
Peduli Covid 19, Tim KuKerta UNRI Ikut Bangun Posko PPKM di Desa Balai Jaya

ROHIL, datariau.com - Tim Kukerta Universitas Riau dalam rangka pengendalian pencegahan dan penanggulangan penyebarluasan Corona Virus Disease (COVID-19) di Desa Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir, maka dilakukan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tingkat Desa Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), 23 Juli 2021.

Kerja sama pembentukan Posko Penanganan Corona Virus ini dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2021 dengan pihak kantor penghulu serta masyarakat Desa Balai Jaya.

Dalam rangka pelaksanaannya, dibentuklah Tim Posko Penanganan Covid-19 tingkat Desa dengan beberapa aspek penting yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment. Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin, dan aspek pendukung terdiri dari kegiatan pencatatan dan pelaporan.

Selain itu Mahasiswa KuKerta juga melakukan pembagian masker gratis untuk warga Desa Balai Jaya.

"Pembagian masker gratis ini kami lakukan untuk pengabdian kepada masyarakat mengingat semakin tingginya lonjakan masyarakat yang terkena covid-19 dan minimnya kesadaran masyarakat Balai Jaya terhadap pengunaan masker," ujar M Rizki Aflinaldi selaku ketua KuKerta Balek Kampung Desa Balai Jaya.

Pembagian masker gratis ini dilakukan guna sebagai tindakan preventif terhadap lonjakan Covid 19 dan mengajak masyarakat Balai Jaya untuk menaati protokol kesehatan salah satunya yaitu memakai masker saat keluar rumah.

Dengan dilakukan kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengurangan kasus covid-19 dan juga membantu penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Adapun Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN UNRI di Desa Balai Jaya Rokan Hilir yaitu M Rizki Aflinaldi dan Nada Azzahro (MIPA Fisika), Shafa Khairani Yasmin (MIPA Biologi), Samsudin Tumanggor (Sistem Informasi), Aldi Kusuma (Manajemen Sumber Daya Perairan), Dwi Yupita dan Anggie Rizka Safitri (Budidaya Perairan), Novia Rahmawati dan Wenny Rakasiwi (Pendidikan Biologi), Decipta Eka Swastya (Akuntasi), serta dosen pembimbing lapangan (DPL) Rina D’rita Sibagariang SPi MSc (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Penulis
: Novia Rahmawati
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com