Partisipasi Tim Kukerta UR Dalam Kegiatan Posyandu Serta Sosialisasi Stunting dan Pentingnya Vaksinasi

Ruslan
96 view
Partisipasi Tim Kukerta UR Dalam Kegiatan Posyandu Serta Sosialisasi Stunting dan Pentingnya Vaksinasi
Foto: Fitri Ayunda Lestari
Partisipasi Tim Kukerta UR Dalam Kegiatan Posyandu Serta Sosialisasi Stunting dan Pentingnya Vaksinasi.

DATARIAU.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau ikut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu sekaligus mensosialisasikan stunting dan pentingnya vaksin di Desa Rawang Oguang pada Rabu (21/07/21).

Posyandu merupakan Pos Pelayanan Terpadu yang merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Sartika, selaku salah satu anggota tim Kukerta Desa Rawang Oguang mengatakan bahwa kesehatan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, terutama bagi tumbuh kembang anak pada usia balita agar tidak terjadinya stunting.

"Sebagai mahasiswa, sudah seharusnya kita berperan penting dalam mengedukasi masyarakat atas pentingnya mengikuti kegiatan posyandu. Dengan mengikuti kegiatan posyandu diharapkan pemahaman para orang tua atas pentingnya memperhatikan asupan gizi dan tumbuh kembang anak agar tidak terjadinya stunting. Sedangkan bagi Ibu hamil diharapkan dengan mengikuti kegiatan posyandu, dapat mengetahui kondisi kandungan dan pemahaman seputar kehamilan," ucapnya saat diwawancarai pada Rabu (21/07/2021).

Dalam kegiatan posyandu ini ada beberapa kegiatan mulai dari menimbang berat badan, imunisasi, mengukur tinggi badan serta memberikan snack kepada balita. Tim Kukerta berperan dengan ikut membantu dalam mempersiapkan kegiatan posyandu hingga berakhirnya kegiatan tersebut. Selain itu Tim Kukerta juga membagikan dan mengajak para Ibu untuk menggunakan masker. Sistem pembagiannya sendiri menyasar ibu-ibu yang datang ke pos posyandu namun tidak menggunakan masker. Bukan hanya itu tim Kukerta juga memberikan himbauan kepada ibu-ibu yang tidak menggunakan masker agar dapat menggunakan masker jika berpergian apalagi ditempat keramaian.

Dalam kegiatan posyandu itu juga, Tim Kukerta melakukan sosialisasi stunting dan pentingnya vaksinasi kepada ibu-ibu melalui media brosur yang dibagikan kepada ibu-ibu tersebut.

Ice susanti, salah satu kader BKB (Bina Keluarga Balita) mengatakan bahwa pentingnya posyandu untuk balita yaitu untuk mengetahui tumbuh kembang anak, serta untuk mengetahui perkembangan kandungan pada ibu hamil.

Posyandu itu sendiri hanya ada satu di Desa rawang oguang ini, yaitu posyandu tunas harapan. Ice Susanti juga mengapresiasi kepada tim Kukerta yang ikut andil dalam kegiatan posyandu ini.

"Harapan saya kegiatan posyandu ini dapat diikuti oleh para ibu-ibu yang memiliki balita serta ibu-ibu yang sedang hamil, karena posyandu ini sangat penting untuk mengetahui tumbuh kembang anak. Begitu juga pada ibu hamil, untuk mengetahui perkembangan bayi didalam kandungan apakah sehat atau kurang sehat dan saya sangat berterima kasih kepada tim Kukerta yang ikut andil dalam kegiatan ini," tutupnya saat di wawancarai. (ril)

Penulis
: Fitri Ayunda Lestari
Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: Datariau.com