Misteri Sejarah Keberadaan Makam Nong Isa, Sang Penguasa Batam

Ruslan
173 view
Misteri Sejarah Keberadaan Makam Nong Isa, Sang Penguasa Batam
Foto: Winda Febiola

BATAM, datariau.com - Nong Isa adalah sosok yang dipercaya membuka Kampung Nongsa yang berada di ujung Utara Kota Batam. Diketahui warga setempat bahwa Nong Isa dulunya dikenal sebagai Raja Isa yang merupakan keturunan dari Raja Ali yang menggantikan Raja Haji Fisabilillah sebagai Ynag Dipertuan Muda Riau 5.

Nong Isa dbebri kuasa memegang perintah atas kawasan Nongsa dibawah pemerintahan Sultan Abdulrahman Syah. Setelah Nongsa ditemukan dan dibuka oleh Nong Isa, lambat laun Nongsa berkembang menjadi pelabuhan yang besa dan penting menggantikan pelabuhan Selat Bulang sejak Sultan Abdulrahman pindah ke Singapura pada 1818.

Dan sejak saat itu, Nongsa mengambil alih fungsi Selat Bulang dan semua kapal dari Riau, yang pada saat itu adalah Tanjung Pinang dan Penyengat serta pulau-pulau di Bintan jika ingin ke Singapura singgah di Nongsa terlebih dahulu.

Nong Isa dikenal sebagai penguasa juga dikarenakan beliau diyakini sebagai sosok yang menemukan Nongsa itu. Beliau merupakan sosok muslim yang yang sampai saat ini dipercaya sebagai pendiri Kota Batam. Maka dari itu, sampai saat ini penamaan nama tempat dan daerah tersebut dijadikan sebagai “Kampung Tua Nongsa” karena diyakini bahwa awal mula Kota Batam dimulai dari ditemukannya Nongsa oleh Nong Isa ini.

Sebagai penghargaan dan penghormatan atas jasa beliau, terdapat satu komplek di Nongsa yang dijadikan sebagai tempat Makam Raja Isa tersebut. Hal ini juga dilakukan agar menjaga dan melestarikan sejarah lokal, agar dapat terus dinikmati dan diingat sepanjang masa.

Menurut survei yang penulis lakukan, banyak pada masa sekarang ini yang tidak mengenal Nong Isa, terkhusus warga Batam sendiri. Mereka kurang peka terhadap sejarah daerahnya karena terlena oleh hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Maka tak jarang, banyak diantara mereka yang bahkan sampai saat ini tidak tau dimana lokasi komplek Maam Nong Isa tersebut.

Meski telah dibuatkan komplek makam oleh Pemerintah Daerah, sebenarnya lokasi atau tempat pasti dimana Nong Isa dikebumikan belum ada yang mengetahui. Namun diyakini bahwa memang berada disekitaran komplek tersebut. Pihak pemerintah pun masih mencari dan melakukan penelitian melalui jejak-jejak sejarah yang ada untuk menelusuri misteri kebenaran keberadaan Makam Nong Isa. (ril)

Penulis
: Winda Febiola
Sumber
: Datariau.com
Kirim berita, hak jawab, laporan: 0813 3966 1966 (Chat WhatsApp Only)