Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Gajah Sakti Manfaatkan Ubi Jalar Kuning Untuk Cegah Stunting

Admin
105 view
Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Gajah Sakti Manfaatkan Ubi Jalar Kuning Untuk Cegah Stunting
Pembagian puding ubi jalar kuning oleh mahasiswa Kukerta.

BENGKALIS, datariau.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, memanfaatkan ubi jalar kuning menjadi puding sehat untuk mencegah bahaya stunting pada anak-anak.

Stunting merupakan kondisi dimana para anak-anak tidak sesuai dengan standar gizi pada umumnya, hal ini disebabkan oleh makanan anak-anak yang tidak sehat dan jarang memakan sayur dan buah-buahan. Sehingga anak-anak tidak berkembang sesuai dengan anak pada umumnya.

Melihat hal ini telah menjadi masalah umum di Indonesia bahkan dibeberapa negara dunia, kelompok KKN Gajah Sakti 2021, terinspirasi membuat makanan sehat lewat makanan yang disukai oleh anak-anak pada umumnya.

Kelompok KKN Gajah Sakti kemudian memanfaatkan ubi jalar kuning sebagai cemilan sehat untuk anak-anak. Ubi jalar kuning merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, Mangan, vitamin B6, Serat dan kalium, serta masih banyak lagi.

Pembuatan puding berbahan ubi jalar kuning ini dilaksanakan pada Kamis (22/7/2021) dan kemudian dilanjutkan dengan pendistribusian puding ubi jalar kuning kepada anak-anak di sekitaran Kelurahan Gajah Sakti pada Jum’at (23/7/2021).

Selaku perwakilan Tim KKN, Wilda mengatakan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar Kelurahan Gajah Sakti untuk mencegah stunting pada anak dengan mengolah ubi jalar kuning menjadi puding cemilan pencegah stunting. (rls)

Penulis
: Santri Komala Asyfa